Krui,

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs Agus Istiqlal SH.,MH yang dalam hal ini di Wakili oleh Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syamsu Hilal. S.sos Menghadiri sekaligus Membuka secara Resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Karya Penggawa.(26/02/2020).

Plt. Kepala Dinas Kominfo Tedi Zadmiko, SKM., SH.,MM menginformasikan bahwa Penjaringan aspirasi masyarakat yang merupakan proses awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dilakukan secara bertahap melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang secara partisipatif dilakukan mulai tingkat Desa / Kelurahan, Kecamatan, Forum Konsultasi Publik, Forum OPD yang selanjutnya diformulasikan melalui forum Musrenbang Kabupaten. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, Pengendalian, dan Evaluasi.
Turut hadir di acara tersebut , Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Admistrator, Uspika Kecamatan Karya Kpenggawa, Camat Karya Penggawa, Peratin, LHP, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Karya Penggawa.

Selanjutnya sambutan Bupati. di sampaikan Oleh Syamsu Hilal, S.sos. seluruh kepala perangkat daerah, agar dapat segera melakukan sinkronisasi usulan kecamatan dengan program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam Renstra masing-masing perangkat daerah. Sehingga nantinya dokumen perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2021 dapat mengakomodir usulan musrenbang di Kecamatan ini.

Kita patut bersyukur, bahwa pembangunan yang telah dilaksanakan bersama oleh pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan seluruh lapisan masyarakat beserta stakeholders telah menunjukan perubahan dan keberhasilan dari tahun ke tahun.

Semua keberhasilan yang telah kita capai, adalah berkat rahmat allah swt dan kerja keras serta kerja sama dari seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Pesisir Barat pada semua tingkatan mulai dari kelurahan/pekon, Kecamatan hingga Kabupaten yang didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat.

Untuk tahun 2021 mendatang, rancangan awal tema rkpd Kabupaten Pesisir Barat adalah “Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Masyarakat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)”.Berikutnya ditetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021, yaitu :
1. pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah
2.Pembangunan Sumber Daya Manusia
3. Pembangunan Ekonomi Masyarakat dan Potensi Unggulan Daerah
4. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik
5. Pengelolaan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana

Sebelum menutup sambutannya Samsu Hilal, S.Sos sempat menyampaikan harapanya, semoga pada tahun 2021 mendatang semua sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik dan target-target sasaran serta target kinerja yang telah ditetapkan dapat mencapai hasil yang maksimal.

Untuk itu kepada seluruh OPD, Camat, Peratin dan seluruh Masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Barat diharapkan agar terus saling mendukung dan bekerjasama untuk demi kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai.

Camat Karya Kpenggawa Cahyadi Moeis juga menyampaikan beberapa capaian Hasil Pembangunan Kecamatan Karya Kpenggawa di tahun 2018-2019 yaitu :

  • Pembangunan perabat beton 12 pekon
  • Pembangunan badan jalan
  • Pembangunan Jambanisasi
  • Pembangunan TBD
  • Pembangunan siring/gorong-gorong
  • Pembangunan paud
  • Pembangunan sarana Olahraga.

Selama ini juga Karya Penggawa dikenal sebagai lumbung padi di Kabupaten Pesisir Barat. Namun di akhir tahun 2019 kmren terjadi nya bencana banjir yang mengakibatkan rusaknya irigasi, maka Dari itu meminta perhatian nya Dari dinas terkait untuk pemulihan/perbaikan irigasi.