Krui,

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., Mengikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung Melalui Zoom Meeting.

Ruang OR. Bupati Kab. Pesisir Barat, Jum'at 6 Agustus 2021.

Turut mendampingi Wakil Bupati Pesisir Barat Sekretaris Daerah Ir. N. Lingga Kusuma, M.P, Sekretaris Dinas Kesehatan Rochmad, Plt. Dinas Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si, Sekretaris BPBD Mirza Sahri, S.Pd., MM dan beberapa perwakilan satgas covid-19.

Rapat evaluasi tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dalam arahannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan sesuai intstruksi menteri dalam negeri nomor 28 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 corona virus disease 2019 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku dan Papua. Di wilayah Lampung ada 1 kota yang masuk level 4 yaitu Kota Bandar Lampung. Dan instruksi menteri dalam negeri nomor 29 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, 2 dan 1 serta mengoptimalkan posko penanganan covid-19 ditingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19. Di wilayah Lampung ada 14 Kab kota yang masuk level 3 yaitu kota metro, Kab. Lampung Barat, Kab. Lampung Selatan, Kab. Lampung Tengah, Kab. Lampung Timur, Kab. Lampung Utara, Kab. Mesuji, Kab. Pesawaran, Kab. Pesisir Barat, Kab. Pringsewu, Kab. Tanggamus, 

Kab. Tulang Bawang, Kab. Tulang Bawang Barat dan Kab. Way Kanan.

PPKM level 4 diperpanjang dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021.

Gubernur Lampung menyampaikan data per tanggal 5 Agustus 2021 kasus konfirmasi 37.816 kasus sembuh 28.500 meninggal 2.474 dan kasus aktif 6.000, oleh karena itu Gubernur Lampung berharap setiap kabupaten/kota meningkatkan tracing mulai dari tingkat desa untuk mengetahui dimana sumber covid-19.

Gubernur Lampung juga mengatakan bahwa Provinsi Lampung diberi kesempatan untuk membuat atau menyiapkan Rumah Sakit darurat yang insyaAllah hari minggu akan dikunjungi oleh Menteri BUMN bersama Menteri Agama untuk melihat situasi dan kondisi rumah sakit di samping rumah sakit rujukan yang telah dipersiapkan tetapi ada rumah sakit yang juga nantinya menjadi alternatif karena rumah sakit ini langsung ditangani oleh pemerintah pusat melalui Menteri BUMN dan Menteri Agama.

Gubernur Lampung juga mengatakan bahwa Provinsi Lampung mendapatkan tambahan vaksin yang nantinya akan segera di distribusikan ke kabupaten/kota.

Dalam rapat tersebut Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno juga menyampaikan, kita sudah melihat kasus peningkatan semakin naik, mohon untuk selalu melakukan rapat evaluasi di setiap wilayah Kabupaten, supaya tahu di titik-titik mana yang terdampak covid.

Kapolda Lampung minta Kapolres dan Dandim untuk membackup penuh kepala daerah supaya seiring sejalan bersama-sama untuk menanggulangi covid-19 yang ada di Provinisi Lampung.

Dalam rapat tersebut Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., juga menyampaikan laporan kondisi terkini di Kabupaten Pesisir Barat bahwa jumlah konfirmasi 767 orang, jumlah kematian 31 orang, jumlah kesembuhan 576 orang, 160 orang. Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa permasalahan yang ada yaitu sama dengan kabupaten/kota yang lain permasalahan pelarangan kerumunan pesta pernikahan / hajatan, pemerintah daerah, polres dan kodim selalu sigap dan setiap saat memberikan arahan-arahan kepada masyarakat akan berbahayanya covid-19.