Krui,

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., Menghadiri Acara Video Conference HUT Bhayangkara Ke-75.

Polres Lampung Barat, Kamis 1 Juli 2021

Diinformasikan hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Wakapolres Lampung Barat, Kompol Dwi Santoso, S.H., Dandim 0422 Lampung Barat Letkol. Czi. Beni Setiawan, S. TM., Kajari Lampung Barat Riyadi, S.H., Wakil Pengadilan Negeri Lampung Barat Ahmad Budiawan, S.H.

Dalam Sambutannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran Polri yang aktif memerangi pandemi covid-19. Namun, Jokowi mengingatkan Korps Bhayangkara harus tetap menjalankan tugas utamanya. Jangan lengah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan penegakan hukum.

Jokowi tahu betul sinergi Polri dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, hingga dokter dan tenaga kesehatan. Kerja sama itu menjadi modal penting menangani covid-19 di Indonesia. Polri harus tetap beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyesuaian diri itu demi menangkal segala ancaman kepada masyarakat dan negara yang kian kompleks.

Polri harus berpacu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak kalah, kewenangan Polri harus didukung teknologi mutakhir. Selain itu, Jokowi mengingatkan Korps Bhayangkara menjunjung tinggi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM) selama bertugas. Polri memang perlu tegas, tetapi peran mengayomi dan melindungi masyarakat mesti dilakukan dengan humanis.

Jokowi mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-75, Peringatan HUT Bhayangkara ini dihadiri sejumlah tokoh, seperti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Perwakilan kementerian/lembaga dan jajaran kepolisian turut mengikuti acara via daring.

Dan dilanjutkan syukuran dalam rangka hari Bhayangkara Ke-75 Polres Lampung Barat.

Dalam Sambutannya Bupati Pesisir Barat yang diwakili Oleh Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., Mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-75 kepada keluarga besar kepolisan negara republik indonesia dimanapun saudara-saudara bertugas, diiringi dengan ucapan terimakasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah dipersembahkan demi kemajuan dan kebaikan bersama. Semoga pengorbanan yang tulus dan ikhlas tersebut dapat bermanfaat bagi kejayaan bangsa dan negara serta bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Bupati juga mengharapkan momentum ini dapat dijadikan kesempatan untuk memperkuat tekad polri tetap konsisten mempererat kemitraanya dengan masyarakat dan sekaligus menjadikan hari Bhayangkara sebagai milik segenap warga masyarakat yang merupakan bagian terpenting dalam upaya pemeliharaan kamtibmas.

Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum, serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah. pandemi covid 19 yang telah melanda dunia, termasuk indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi.

dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran polri sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran mabes dan polda, polres dan polsek, sampai bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial, dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, tetap aman, dan damai.

Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis, namun harus tetap waspada , cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum, dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat. Untuk itu kepada jajaran polri untuk terus memperkuat sinergi dan kerjasama, walaupun saat ini polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi covid-19, tapi bebrbagai agenda strategis polri tidak boleh dilupakan. Jajaran polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern, ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan.