Krui,

Wakil Bupati A Zulqoini Syarif, SH Hadiri Acara Program Sekolah Penggerak.

Rabu, 24 November 2021

Acara tersebut diatas berlangsung di SMPN 4 Krui Kec Bangkunatdan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perikanan, dinas pertanian, Dinas pendidikan, Camat Bangkunat, serta para Kepala Sekolah se-kecamatan Bangkunat.

Dalam sambutan Wakil Bupati Menyampaikan bahwa Kegiatan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan Program Sekolah Penggerak (PSP), Perlu kita ketahuai bahwa berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan, riset dan teknologi pada tanggal 2 mei 2021, SMPN 4 Krui dinyatakan lulus seleksi program sekolah penggerak tahap 1, Sebelumnya kita harus mengikuti tahapan seleksi yang lumayan panjang. Seleksi pertama diikuti oleh sekitar 15 ribuan sekolah se Indonesia, seleksi kedua diikuti 7 ribuan sekolah Dan pada tahap pertama ini diluluskan sebanyak 2500 sekolah. Untuk tingkat SMP sebanyak 574 sekolah Dan Alhamdulillah di pesisir Barat hanya 2 sekolah, yakni smpn 4 krui di bengkunat dan SMPN 16 krui di Krui Selatan.

A Zulqoini Syarif juga mengatakan Bahwa Perlu dipahami sekolah penggerak bukan sekolah unggulan, tidak mengubah input, mengubah proses, dan meningkatkan kapasitas SDM.

PSP terdiri dari lima intervensi yakni penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, digitalisasi sekolah, serta pendampingan konsultatif dan asimetris.

Wabup juga menjelaskan bahwa Program ini bertujuan untuk mewujudkan Visi Indonesia yang Maju, Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian melalui terciptanya profil pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebhinekaan global.

Wabup juga menilai PSP dapat diimplementasikan ke dalam salah satu Misi Kabupaten Pesisir Barat, yaitu meningkatkan kualitas SDM yang mampu menguasai iptek dengan tetap memiliki nilai-nilai moral religius dan kultural, pembangunan infrastruktur yang maju dan mampu diakses secara merata.

Mengakhiri sambutannya A Zulqoini Syarif, SH berharapan kepada kepala satuan pendidikan agar terus meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti secara serius program sekolah penggerak. Mudah-mudahan kedepannya kualitas pendidikan di Kabupaten Pesisir Barat semakin baik dan meningkat.