Krui,

VIDCON HIGH LEVEL MEETING TIM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH (TPID) KABUPATEN PESISIR BARAT DENGAN BANK INDONESIA PROVINSI LAMPUNG

Krui. selasa, 20 Oktober 2020

Di informasikan turut hadir pada meeting tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Kepala Bappeda beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya sambutan Pjs.Bupati Pesisir Barat yang diwakali oleh Sekda Pesisir Barat Ir.N Lingga Kusuma,M.P. yang dalam hal ini didampingi oleh Kepala Bappeda Drs.Zukri Amin.,MP. Dalam keputusan presiden no.23 tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi nasional, inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pada tingkat daerah, pengendalian inflasi perlu mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Tujuan dibentuknya TPID adalah agar rekomendasi kebijakan pengendalian inflasi dapat dihasilkan melalui pelibatan segenap stakeholder kunci di daerah. TPID harus mengkoordinasikan pengumpulan data dan informasi perkembangan harga komoditas, menyusun kebijakan pengendalian inflasi, melakukan upaya memperkuat sistem logistik, melakukan koordinasi dengan provinsi dan melakukan langkah-langkah lainnya dalam rangka penyelesaian hambatan dan permasalahan pengendalian inflasi di level daerah.

TPID sendiri dibentuk tidak untuk menggantikan fungsi kewenangan yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). koordinasi dan harmonisasi antar OPD menjadi penting dalam penyusunan program pengendalian inflasi, melalui sinkronisasi antara peta jalan pengendalian inflasi dan kegiatan-kegiatan OPD. Sehingga perencanaan dan anggaran kegiatan pengendalian inflasi dapat tereksekusi secara maksimal melalui kegiatan dinas-dinas yang terlibat, serta dapat memberikan dampak nyata dalam pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.

Secara umum, strategi pengendalian inflasi dapat dirumuskan dengan strategi 4k yaitu :
1. menciptakan keterjangkauan harga
2. menjamin ketersediaan pasokan
3. memastikan kelancaran distribusi
4. melakukan komunikasi efektif

Selanjutanya dengan dilaksanakannya High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Kabupaten Pesisir Barat diharapkan semua stakeholder terkait dapat berkoordinasi dengan baik dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Pesisir Barat, di tengah pandemi covid-19 di negara kita ini. Ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan perlu menjadi perhatian kita bersama. Penguatan akurasi data produksi dan stok pangan menjadi prioritas utama untuk mendukung efektivitas perumusan langkah-langkah kebijakan pengendalian inflasi di Kabupaten Pesisir Barat.