Krui,
Menu

Upacara Paripurna Peringatan Bela Negara Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019,Kamis 19 Desember 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tedi Zadmiko, SKM., SH.,MM menginformasikan bahwa Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati pesisir barat DR.Drs.H.Agus istiqlal,SH.,MH. yang dalam hal ini di wakili oleh Wakil Bupati Erlina,SP.,MH.
Turut hadir Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Ir.H.Lingga Kusuma.MP, Kapolsek Pesisir Tengah, Pabung, Kodim, Kejaksaan, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD Se-kabupaten Pesisir Barat dan Para Peserta Upacara.

Wakil bupati membacakan Pidato Presiden RI, kita sama -sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang meliter, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi bangsa ini hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke- 74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita disegala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi Pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggungjawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing masing sebagai ladang bela negara.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan memberkati segala kesadaran, upaya, dan kebersamaan bangsa kita dalam mencapai segenap tujuan dan cita cita kemerdekaan menuju Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila.