Krui,

UPACARA HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2022

Krui, Sabtu 22 Oktober 2022

Kepala Dinas Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,M.M menginformasikan Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2022 kali ini dilaksanakan di GSG Labuhan Jukung.

Untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema ‘‘Berdaya menjaga martabat kemanusiaan’’.

maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia.

Hadir dalam acara tersebut Plt. Asisten Administrasi dan umum Drs. Jon Edwar, M.Pd sekaligus bertindak sebagai Pembina upacara dan Plt. Kadisdikbud Edwin Kastolani Burtha, S.H., M.P., Forkopimda Lambar-Pesibar, tamu undangan dan serta peserta upacara.

Bupati dalam sambutannya yang diwakili oleh Plt. Asisten Administrasi dan Umum menyampaikan atas nama Pemkab Pesisir Barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hari ini sedang bersuka cita merayakan peringatan hari santri 2022.

Presiden joko widodo melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri. penetapan 22 oktober merujuk pada tercetusnya "resolusi jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 november 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan.

Bupati juga menjelaskan peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai- nilai kebangsaan. karena itu, saya mengajak semua masyarakat indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk indonesia.

Diakhri sambutan Bupati Pesisir Barat mengajak melalui momen upacara peringatan hari santri tahun 2022 ini, mari kita bersama- sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

INFO REDAKSI