Krui -

SOSIALISASI PEMANFAATAN TELEMEDICINE KEPADA MASYARAKAT KABUPATEN PESISIR BARAT

Krui Selatan, Rabu 07 Desember 2022

Kadis Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Bupati Pesisir Barat yang diwakili Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H didampingi Anggota Komisi IX DPR RI Khoirul Muhtar,SE., MM membuka secara resmi Sosialisasi Pemanfaatan Telemedicine Kepada Masyarakat di Pekon Sukajadi Kec. Krui Selatan.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Dirjen Pusat Data dan Informasi Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Ir. Zulfi, Para Narasumber dari Provinsi Lampung, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Dr. Henny Yulistiani, Unsur Forkopimda Lambar-Pesibar, Kepala UPTD Krui Selatan Arif Budiwan, SKM, Sekretaris Camat Krui Selatan Hi. Widodo, S.Pd, Peratin Se-kecamatan Krui Selatan, dan Para peserta Sosialisasi dari Kecamatan Krui Selatan.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H dalam sambutannya meyampaikan Pemerintah menerapkan sistem pelayanan kesehatan berjenjang, dimana sistem tersebut terdiri dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yang terdiri dari pelayanan Kesehatan tingkat kedua (Sekunder) dan pelayanan kesehatan tingkat ketiga (Tersier).

sistem Rujukan dilakukan sebagai bentuk pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan  Kesehatan secara timbal balik, baik secara vertikal maupun horizontal baik rujukan langsung maupun secara jarak jauh (Telemedicine).

Telemedicine adalah pemberian pelayanan Kesehatan jarak jauh Oleh Profesional Kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, meliputi pertukaran informasi diagnosis, pengobatan, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi serta pendidikan berkelanjutan penyedia layanan kesehatan untuk kepentingan peningkatan Kesehatan individu dan masyarakat.

Telemedicine tidak terbatas hanya untuk menyediakan pelayanan kesehatan jarak jauh, tetapi juga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang efisien secara keseluruhan.

Terdapat beberapa pelayanan yang dapat menggunakan Telemedice, yaitu Tele USG, EKG Dan Tele Radiologi. pada Tahun 2023, beberapa Puskesmas di Kabupaten Pesisir Barat diharapkan dapat melaksanakan Telemedicine Khususnya Tele USG Diantaranya :

1. Puskesmas Bengkunat Belimbing

2. Puskesmas Bengkunat

3. Puskesmas Ngambur

4. Puskesmas Biha

5. Puskesmas Krui

6. Puskesmas Lemong

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan masyarakat tentang sistem rujukan kesehatan, Kementerian Kesehatan RI bermitra dengan Komisi IX DPR RI melaksanakan Sosialisasi pemanfaatan Telemedicine kepada masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat.

Di akhir sambutannya Wakil Bupati berharap melalui kegiatan ini diharapkan agar masyarakat lebih memahami bahwa rujukan memiliki system berjenjang untuk pemerataan pelayanan kesehatan. 

Dalam Kesempatan itu juga Anggota Komisi IX DPR RI Khoirul Muhtar, SE.,MM menyampaikan memang peran saya di komisi IX DPR RI membidangi Kesehatan, Ketenaga kerjaan dan Kependudukan sehingga Kami melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun kesehatan masyarakat sehingga tidak ada lagi masalah-masalah kesehatan di tengah-tengah masyarakat seperti, Stunting, Demam Berdarah (DBD) dan pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum selesai.

Anggota Komisi IX DPR RI berpesan kepada masyarakat untuk membuat atau mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan guna untuk mempermudah dalam perobatan ke Puskesmas terdekat.

Untuk itu dengan berbagai tantangan yang dihadapi, Anggota Komisi IX DPR RI berharap kepada seluruh pihak terkait untuk terus bersinergi dalam memberikan Sosialisasi yang baik dan komprehensif kepada seluruh masyarakat guna meningkatkan pemanfaatan layanan Telemedicine, serta bisa memberikan keluasan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Wilayah Kabupaten Pesisir Barat.