Krui,

Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2022

Krui, Kamis 10 November 2022

Kadis Diskominfotik dan Persandian Kabupaten Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Plt. Sekda Pesisir Barat membuka Kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), yang bertempat di GSG Selalaw Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Narasumber Kabid pengelolaan informasi publik Diskominfotik Provinsi Lampung Lakoni, SH.,MH, Narasumber Sekdis Diskominfotik dan Persandian Elvin Yonanda, S.IP.,MM, Perwakilan dari Kecamatan dan OPD, dan Peserta Sosialisasi.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat yang diwakili Plt Sekda Ir. Jalaludin, M.P menyampaikan, Sejak bergulirnya sistem otonomi daerah dan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, pemerintah daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem informasi daerah, karena hal penting dalam mendukung pembangunan di daerah khususnya kabupaten pesisir barat yang salah satunya meningkatkan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat.

"Kelompok informasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya kelompok informasi masyarakat (KIM) yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan pemberdayaan kim guna mengembangkannya,"ucap Sekda.

Lanjutnya, Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.

"Kelompok informasi masyarakat (KIM) merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan dan pembangunan kabupaten pesisir barat. maka dari itu, diharapkan melalui pembinaan ini kim dapat menambah pengetahuan guna menjadi lebih baik untuk kedepannya,"Tegas Sekda.

Diakhir sambutan Plt Sekda, Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung dan kepala dinas komunikasi, informatika dan statistik provinsi lampung yang telah menunjuk kabupaten pesisir barat menjadi tempat pembinaan KIM di tahun 2022 ini.

"Besar harapan kami dengan pemberdayaan KIM kali ini dapat menjadi sarana oleh Pemerintah Pekon, Kecamatan dan Kabupaten sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat serta membantu promosi wisata, umkm, budaya dan potensi daerah di provinsi lampung khususnya di kabupaten pesisir barat,"Tutup Sekda.

INFO REDAKSI