Krui,

SOSIALISASI AKTUALISASI KARTU PETANI BERJAYA DALAM PERCEPATAN PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN TAHUN 2021.

Aula Lamban Apung, Senin 22 November 2021.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hapzi S.Pd, MM, didampingi Kabag Perekonomian Ariswandi, S.Sos, M.P selaku Ketua Pelaksana.

Hadir dalam sosialisasi tersebut diatas, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Milado Pani, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung yang diwakili oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Tony Noor Tjahjono, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung, Sofandi Arifin, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat, Ir. Nasrullah Arsyad, M.M, Para Narasumber dari Tim Kartu Petani Berjaya Provinsi Lampung Univerisitas Lampung (UNILA) dan Universitas Bandar Lampung (UBL) Vieke Sandranita, M.M, dan Indriati Agustina Gultom, SP., M.M, Para Cabang Pembantu dan Unit Perbankan di wilayah kerja Kabupaten Pesisir Barat, Para Perwakilan OPD Pesisir Barat, dan Para Peserta Sosialisasi yang berasal dari petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian.

Dalam Laporan Ketua Pelaksana Kabag Perekonomian Ariswandi, S.Sos, M.P menyampaikan Tujuan kegiatan Sosialisasi ini adalah :

1. Memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya para petani dan penyuluh pertanian tentang tujuan dan manfaat Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Pesisir Barat.

2. Meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

3. Mengoptimalkan penyaluran KUR Sektor Pertanian di Kabupaten Pesisir Barat agar produksi pertanian dapat semakin meningkat.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Pesisir Barat yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan menyampaikan Program Kartu Petani Berjaya (KPB) merupakan program unggulan Provinsi Lampung dalam rangka menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama, sehingga terjadi peningkatan perekonomian masyarakat. Pemerintah berupaya mendorong peningkatan akses pada sumber pembiayaan dengan program kartu petani berjaya diharapkan dapat mengoptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian.

Agar kiranya kredit usaha rakyat sektor pertanian ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para petani dalam meningkatkan hasil pertanian, sehingga dapat dirasakan secara langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pengembangan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat. melalui kegiatan sosialisasi ini juga, peserta yang berasal dari petani, kelompok tani dan penyuluh pertanian akan diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kartu petani berjaya.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan juga meminta kepada lembaga perbankan agar memudahkan persyaratan dan proses penyaluran KUR sektor pertanian kepada para petani yang membutuhkan modal tambahan agar dapat tepat guna dan tepat sasaran.

Di akhir sambutanya Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan berpesan Kepada peserta sosialisasi agar kiranya kita dapat menyimak secara seksama materi yang akan disampaikan oleh para Narasumber.

Selanjutnya kepada para Narasumber, juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik, dan kepada para peserta diminta keseriusannya dalam mengikuti sosialisasi ini.

 

 

 

INFO REDAKSI