Krui,

RAPAT PARIPURNA TENTANG NOTA PENJELASAN RANPERDA USUL KEPALA DAERAH DAN INISIATIF DPRD KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2022

Krui, Rabu 06 Juli 2022

Wakil Bupati Pesisir Barat A Zulqoini Syarif,SH. menghadiri rapat tersebut diatas yang berlangsung di kantor DPRD Kab Pesisir Barat terkait agenda penyampaian Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usul pemerintah daerah dan inisiatif DPRD tahun anggaran 2022

Kepala Dinas Kominfotik dan Persandian Suryadi,S.IP.,MM. Menginformasikan bahwa Rapat tersebut diatas dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Pesisir Barat Nazrul Arif dan didampingi Wakil Ketua I Serta dihadiri Anggota DPRD Kab.Pesisir Barat, Sekda Pesisir Barat Ir. Jalaludin,MP, serta sejumlah pejabat dan pimpinan OPD lingkup Pemda Dompu. Hadir juga, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamabar-Pesisbar.

Wakil Bupati A Zulqoini Syarif,SH. menyampaikan bahwa penyampaian Raperda usulan Pemerintah merupakan bagian dari proses pembentukan produk hukum daerah yang selanjutnya akan dibahas secara bersama antara pihak pemerintah dan pihak legislatif (DPRD). 

"ada 2 Raperda yang telah disampaikan oleh pemerintah daerah Yaitu (1) Raperda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindakan kekerasan dan yang kedua (2) ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah",pungkas Wabup.

A Zulqoini Syarif juga mengatakan bahwa tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak menunjukan perlunya pengaturan mengenai perlindungan perempuan dan anak dari tindakan kekerasan sehingga kewajiban pemerintah daerah dalam pemenuhan hak asasi manusia terpenuhi.

Lanjut Wabub juga mengatakan berdasarkan pada luasnya daerah kabupaten pesisir barat kebutuhan akan regulasi berkenaan dengan pengelolaan barang milik daerah kabupaten pesisir barat mutlak diperlukan keberadaan peraturan daerah tentang pengelolaan barang milik daerah. sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah daerah dalam melakukan transparansi pengelolaan barang milik daerah.

INFO REDAKSI