Krui,

RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN PESISIR BARAT PADA ACARA JAWABAN PEMERINTAH ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DPRD TERHADAP ANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN ANGGARAN 2021.

Krui, Kamis 23 September 2021.

Bupati Pesisir Barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH., MH didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H Mengikuti Rapat Paripurna Secara Virtual Meeting di Kantor Bupati Pesisir Barat, Villa Repong Ramdo Way Batu.

Turut mendapingi Bupati Pesisir Barat mengikuti Rapat Paripurna, Sekda Kab. Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP., Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hafzi S.Pd, MM, Kepala BPKAD I Nyoman Setiawan, S.E., M.M., Kepala BAPPEDA Drs. Zukri Amin, MP. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Ir. Armand Achyuni. Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Edwin Kastolani Burtha, S.H.,MP.

Dalam Sambutan Bupati Pesisir Barat mengucapkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang hadir disini untuk menyatukan tekad, pikiran, dan langkah untuk bersama-sama mengikuti sidang paripurna DPRD Kabupaten Pesisir Barat dengan agenda jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Pesisir Barat tahun anggaran 2021.

Bupati Pesisir Barat menyampaikan Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap anggaran keuangan dan pendapatan daerah oleh karena harus direncanakan dan dihitung secara lebih detail dan seksama terutama pada sumber pendapatan dan belanjanya. Belanja daerah sebagai komponen keuangan daerah, diharapkan dapat memberikan dorongan atau stimulan terhadap perkembangan ekonomi daerah, yang lebih memberikan efek multiplier, bagi peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih merata.

Pemerintah daerah diharapkan bisa lebih maksimal lagi untuk mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan ekonomi kreatif, peningkatan kapasitas masyarakat pada era milineal saat ini, dimana daya saing menjadi persoalan yang serius dan harus kita sikapi dengan mempersiapkan sumberdaya manusia yang tangguh dan cerdas, serta bisa membaca peluang peluang baru, sehingga bisa menciptakan karya atau produk lokal unggulan yang bisa bersaing di pasar Nasional maupun Global.

Diakhir sambutan Bupati Pesisir Barat menyampaikan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat telah menaruh perhatian dalam pengembangan kapasitas UKM. Pada tahun ini, melalui dak non fisik peningkatan kapasitas koperasi dan UKM, dengan menyeleggarakan beberapa pelatihan bagi pelaku UKM diantaranya pelatihan olahan makanan hasil laut dan pelatihan pelaku UKM untuk mendukung wisata halal. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait usaha kuliner untuk bisa bersaing dan mendapatkan keuntungan ekonomis yang lebih.

INFO REDAKSI