Krui,

RAPAT PARIPURNA DENGAN AGENDA PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI TERHADAP NOTA PENJELASAN RANPERDA USUL KEPALA DAERAH DAN TANGGAPAN PEMERINTAH ATAS RANPERDA INISIATIF DPRD TAHUN ANGGARAN 2021.

Krui, Jum'at 17 Desember 2021.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Audi Marpi, S.Pd., M.M, Kabag Perekonomian Setdakab Ariswandi, S.Sos.,MP, Sekretaris Dinas Perikanan Mukhlazim Arif, Kabid Pemerintahan & Sosial Budaya BAPPEDA Brian Virzada, S.H., M.M, serta perwakilan OPD lainya mengikuti acara tersebut secara Virtual Meeting Di Kantor Wabup Pesisir Barat.

Dalam Sambutan Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik, bersama-sama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan tanggapan terhadap ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Pesisir Barat tentang perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Serta Pembudidaya Ikan.

Hampir seluruh Wilayah Kabupaten Pesisir Barat atau sekitar 50% (Lima Puluh Persen) adalah Wilayah Pesisir terletak dipinggir pantai yang mata pencaharian utama penduduk adalah nelayan. namun demikian masih banyak permasalah yang dihadapi para nelayan di antaranya kurangnya pengetahuan, penangkapan ikan yang berlebihan serta kesulitan dalam perolehan pakan ikan dan pemasaran. Selain itu pendapatan nelayan di Kabupaten Pesisir Barat belum begitu tinggi yang berdampak langsung pada keluarga nelayan dan pembudi daya ikan. sesuai dengan ketentuan Pasal 13 Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam, perencanaan perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan di tetapkan oleh Pemerintah Kabupaten sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Di akhir sambutanya Wakil Bupati Pesisir Barat mengucapkan terima kasih atas adanya insiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pesisir Barat mengajukan ranperda tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Nelayan Serta Pembudidaya Ikan. Semoga Perjuangan Serta Pengabdian kita mendapat ridho dari Allah SWT.

 

 

INFO REDAKSI