Krui,

Sekda Kabupaten Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, M.P Mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Secara Terpadu TNI, Polri dan Pemkab Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Aula Sudirman Makodim 0422/LB, Rabu 13 Oktober 2021.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0422 Letkol. Czi. Beni Setiawan, S. TM, Kapolres Hadi Saepul Rahman, S.IK, Dinas Kesehatan Pesisir Barat dan Lampung Barat, Dinas Kominfo Pesisir Barat dan Lampung Barat, DPMP Pesisir Barat dan Lampung Barat, APDESI Pesisir Barat, Camat Se- Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat dan Kepala Puskes Se-Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Dalam sambutannya Dandim 0422 Letkol. Czi. Beni Setiawan, S. TM, mengatakan bahwa diperlukannya suatu strategi khusus kolaborasi pelaksanaan Vaksinasi sehingga dapat meningkatkan rating masyarakat kita yang ter-vaksin. Banyak kendala yang dialami diantaranya masalah ketersediaan vaksin, masalah masyarakat yang tidak mau di vaksin dan masalah kondisi geografis dimana tempat tinggal masyarakat yang berada di pelosok-pelosok yang sulit dijangkau oleh akses jalan itulah suatu pemikiran yang harus dipecahkan sehingga sasaran vaksin dapat tercapai.

Dandim 0422 Letkol. Czi. Beni Setiawan, S. TM juga mengatakan bahwa sangat dibutuhkannya peran serta setiap komponen dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri untuk meningkatkan vaksinasi. Harapannya setiap kecamatan harus mempunyai data siapa saja yang sudah di vaksin dan yang belum untuk memonitoring di wilayah mana masyarakat yang paling banyak vaksin dan yang paling sedikit.  

Sekda Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, M.P menyampaikan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu masih banyak warga yang mengidap penyakit bawaan yang tentunya tidak bisa disamaratakan dengan yang lain, kemudian kendala yang terjadi pada anak sekolah ternyata dari orang tua nya yang melarang anaknya untuk vaksin.

Saat ini upaya percepatan peningkatan vaksinasi sudah dilakukan dengan melakukan pos pelayanan vaksin di luar Puskesmas, karena Puskesmas identik dengan orang sakit dan hari ini di Kab. Pesisir Barat melalui Dinas Kesehatan mengadakan pos pelayanan vaksin di depan Kantor DPRD.

Sekda juga mengatakan bahwa masih perlunya sosialisasi dan pendekatan terhadap masyarakat agar masyarakat terhindar dari hoax atau berita yang tidak benar sehingga masyarakat mau untuk melakukan vaksin, contohnya saja di tempat-tempat pengajian, tempat nikahan dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama juga Kadis Kesehatan Lampung Barat Dr. Kurniawan Widyatmoko, S.PB juga mengatakan kendala yang dihadapi sama yaitu dari masyarakat yang susah untuk vaksin, disinilah kita harus koordinasi dengan TNI Polri untuk menemukan solusi sehingga masyarakat mau untuk melakukan vaksin.

Pada kesempatan itu Kapolres Lampung Barat Hadi Saepul Rahman, S.IK mengatakan bahwa kita semua disini mempunyai kendala yang sama yaitu masyarakat kita belum di vaksin. Pemda mempunyai sumber daya manusia tetapi kekurangannya yaitu susah nya menggerakkan massa. Namun sebaliknya TNI Polri mampu menggerakkan massa namun memiliki kekurangan yaitu sumber daya manusianya. Oleh karena itu jika TNI, Polri dan Pemda berkolaborasi kita dapat meningkatkan percepatan vaksinasi di Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat.