Krui -

RAPAT KOORDINASI BULANAN TAHUN 2021 DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PESISIR BARAT.

Gsg Selalaw Labuhan Jukung, Kamis 24 Juni 2021.

Rapat Koordinasi tersebut diatas, dipimpin dan dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Barat Dr Drs. Agus Istiqlal, SH., MH didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, SH. dan dihadiri oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, serta Camat se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat Dr Drs. Agus Istiqlal,SH., MH Menyampaikan pada rapat bulanan hari ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan di Kabupaten Pesisir Barat, pada kesempatan itu Bupati mengajak kita semua, untuk terus berbenah diri terutama dalam hal meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik agar semakin baik, semakin responsif dan memuaskan.

Sebagaimana kita pahami bersama bahwa dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran dengan didukung oleh tertib administrasi yang baik, salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan melakukan intensifikasi pengendalian kegiatan yang dilaksanakan secara internal oleh masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pengguna anggaran. 

Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan merupakan mata rantai yang saling berkesinambungan yang tidak ada putusnya. oleh karena itu, Bupati Pesisir Barat menekankan bahwa aktivitas pengendalian tidak terbatas dalam bentuk rapat, melainkan dalam bentuk-bentuk lainnya seperti konsultasi, koordinasi, surat menyurat dan lain sebagainya yang secara keseluruhan ditujukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan. melalui upaya pengendalian secara sistematis tersebut, diharapkan kegiatan yang telah direncanakan tercapai dengan baik sebagai bagian dari perwujudan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat.

Melalui kesempatan rakor bulanan ini, Bupati Pesisir Barat menggaris bawahi hal-hal sebagai berikut :

1. Semua pimpinan OPD harus dapat melaksanakan pengendalian internal atas pengelolaan keuangan dan seluruh kegiatan di lingkup OPD-nya sehingga seluruh kegiatan yang telah dianggarkan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu dengan kualitas hasil yang memuaskan.

2. Melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan realisasi anggaran, mengingat saat ini memasuki semester ke 2 tahun 2021. 

3. Terkait dengan penyusunan anggaran 2021 diminta kepada seluruh kepala OPD agar dapat melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait dengan adanya sistem aplikasi terintegrasi berbasis komputer e-planning dan e-budgeting sehingga penyusunan perencanaan pembangunan dan proses penganggaran dapat menghasilkan sistem perencanaan yang efisien, efektif, akuntabel dan transparan.

4. Melakukan evaluasi semua kegiatan di tahun anggaran 2021 dalam rangka menginventarisir kendala yang ada pada masing-masing OPD.

Kita harus tangguh menghadapi situasi pandemi sampai berakhir. untuk itu Bupati Pesisir Barat menghimbau agar kita selalu mematuhi protokol kesehatan dan seluruh himbauan dari Pemerintah.