Krui,

RAPAT KOORDINASASI KESIAPAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) SERENTAK 2020.
Rabu 10 Juni 2020.
Ruang Batu Gughi Setdakab Pesisir Barat.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan.,M.Si menginformasikan bahwa rapat tersebut diatas merupakan tindaklanjut dari rapat sebelumnya, adapun yang turut hadir dalam video conference tersebut Sekretaris Daerah Pesisir Barat Ir. N Lingga Kusuma didampingi Ketua KPU Pesisir Barat Marlini SH beserta pejabat terkait Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat.

Disampaikan pada kesempatan virtual meeting kali ini bahwa pada tanggal 4 mei 2020 telah dibuat peraturan pemerintah yang memutuskan penyelenggaraan pilkada pada tanggal 09 Desember 2020. Selanjutnya pihak Kemendagri juga telah banyak melakukan konsultasi politik dengan DPR, Bawaslu RI agar Pillkada tahun ini berjalan dengan sukses.

Disamping itu juga secara pelayanan persiapan ditingkat penyesuaian penganggaran juga dilakukan koordinasi antara Kemendagri dengan Kementrian Keuangan sampai sekarang sehingga benar-benar proses adaptasi penyelenggaraan ini dengan situasi New Normal Live dimana kita berharap pilkada tahun ini akan di sesuaikan dengan protokol kesehatan bisa terwujud dengan baik dan aman covid.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa ada beberapa pertimbangan kenapa pilkada serentak diadakan tahun 2020, yang pertama karena sudah keputusan politik dan juga merupakan evaluasi kedewasaan bangsa indonesia dalam berdemokrasi. Pemilu secara terjadwal adalah menjadi penentu index demokrasi disebuah negara yang dibutuhkan. Pilkada akan dilaksanakan pada bulan desember 2020, pilkada tahun ini diselenggarakan pada 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Namun demikian penerapan New Normal live juga harus dimulai.