Krui,

RAPAT KERJA NASIONAL AKUNTANSI DAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH TAHUN 2022 MELALUI VIDCON

Krui, Kamis 22 September 2022

Kadis Diskominfotik dan Persandian Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Bupati Pesisir Barat menghadiri acara puncak rapat kerja Nasional (rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2022 melalui video conference (Vidcon), yang bertempat di villa way Batu kecamatan pesisir tengah.

Turut hadir kepala inspektur, Kadis DPMPTSP, Kaban BPKAD, Kaban Bapenda. Kemudian tampak hadir secara langsung dalam puncak acara rakernas Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati serta beberapa jajaran kementerian lainnya.

Penghargaan WTP Tahun 2021 ini merupakan salah satu agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 yang berlangsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.

Dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 Kementerian Keuangan selaku wakil pemerintah memberikan apresiasi kepada entitas pelaporan yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan yang telah disusun. 

Penghargaan WTP Tahun 2021 diberikan kepada 584 entitas pelaporan. Penghargaan diberikan dengan tiga kategori yaitu WTP minimal 5 kali, 10 kali, dan 15 kali secara berturut-turut. 

Selain memberikan apresiasi atas raihan opini WTP, Rakernas ini juga bertujuan untuk mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah. Selain itu meningkatkan awareness dan menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

sementara itu, Menteri Keuangan RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian keuangan RI selalu di dampingi oleh BPKP dan juga selalu berkoordinasi dengan BPK dalam mengatur jalur perjalanan keuangan baik di Pemerintahan Pusat maupun Pemerintah Daerah 

"saya mengharapkan untuk seluruh jajaran baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat memanfaatkan APBN dan APBD sesuai dengan tupoksinya dan dapat mengawal akuntabilitas keuangan secara baik serta dapat memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, sehingga memungkinkan kita untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih baik" tutupnya. 

INFO REDAKSI