Krui -

RAKOR PERSIAPAN BBKT PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2023

Pesisir Tengah, Sabtu 11 Maret 2023

Kadis Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa Karang Taruna (KT) Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tahun 2023 yang berlokasi di Lamban Apung, Kabupaten Pesisir Barat. Selain untuk bermusyawarah antara Bung (panggilan anggota laki-laki Karang Taruan) dan Mbak (panggilan anggota wanita Karang Taruna) se-Provinsi Lampung, juga sebagai wahana dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan kearifan lokal daerah masing-masing agar permasalahan sosial di daerah dapat terpecahkan.

Acara tersebut dihadiri sekaligus dibuka oleh Bupati Pesisir Barar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H. yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, S.H; Ketua DPRD Pesisir Barat, Agus Cik; Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Kabupaten Pesisir Barat; Forkopimda Pesisir Barat; Ketua MPKT (Majelis Pertimbangan Karang Taruna) Pesisir Barat, Septi Istiqlal; Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung sekaligus menjabat sebagai Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona K., S.T., M.Tr.IP; Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung; Ketua Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat; dan Ketua Karang Taruna Pekon se-Kabupaten Pesisir Barat.


 
Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung dalam sambutannya mengatakan bahwa kader Karang Taruna di Provinsi Lampung harus memberdayakan kearifan lokal untuk mengembangkan daerah masing-masing agar permasalahan sosial di daerah dapat terpecahkan.

“Pesisir Barat ini banyak potensi yang dapat digali untuk memecahkan permasalahan sosial yakni ekonomi. Selain itu, kader Karang Taruna di Lampung harus bersinergi dan harmonis dengan pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya", ujar Ketua Karang Taruna Provinsi

Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung berharap, even-even yang akan dilaksanakan di Pesisir Barat maupun di daerah lainya bukan sekedar seremoni, tetapi memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar.

“Karang Taruna bukan hanya mengurusi sosial saja, tapi bagaimana Karang Taruna bekerja lokal tetapi berfikir secara global,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pesisir Barat, A Zulqoni Syarif, S.H., mengatakan Rakor ini dilakukan selama tiga bulan sekali dan Kabupaten Pesisir Barat akan menjadi tuan rumah BBKT provinsi yang rencananya akan digelar pada bulan September 2023 mendatang di Kabupaten Pesisir Barat.
 
“Karang Taruna ini adalah organisasi sosial sebagai wadah pengembangan kader yang tumbuh besar dari, oleh dan untuk masyarakat, saat ini Karang Taruna berkembang semakin cerdas khususnya di generasi muda baik ditingkatan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan Dan Desa secara terpadu, terarah dan berketerlanjutan", tandas Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap dalam rapat persiapan ini menghasilkan program kerja yang berguna bagi para kader Karang Taruna di seluruh daerah di Provinsi Lampung.
 
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M., mengatakan bahwa Kabupaten Pesisir Barat siap menjadi lokasi hajat besar BBKT tingkat Provinsi Lampung.
 
“Ada beberapa agenda rutinan yang selalu dilakukan Karang Taruna Pesisir Barat. Seperti Lomba Film Pendek, kunjungan rutin selama Bulan Ramadan ke kecamatan se-Pesisir Barat", ujarnya

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesisir Barat berharap, kader-kader Karang Taruna di Kabupaten Pesisir Barat bisa berpartisipasi dalam pengembangan pemuda-pemudi di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.
 
“Kita berupaya mengisi kegiatan positif muda-mudi di Pesisir Barat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, supaya para muda-mudi di Pesisir Barat terhindar dari kegiatan negatif yang saat ini sangat mudah tersebar di Indonesia", tambahnya