Krui,

Pjs.Bupati Pesisir Barat Ir.Achmad Chrisna Putra NR,MEP Membuka langsung Kegiatan Sosialisasi Kehumasan Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (PORPOV) IX 2022.

Lamban Apung Krui, Rabu 25 November 2020.


Diinformasikan Hadir dalam Acara tersebut, Ketua Umum KONI Pesisir Barat H. Agus Istiqlal SH MH yang diwakili Sekretaris Umum Iwan Kurniawan Zubair, S.Kom, Wakabid Humas KONI Provinsi Lampung Edi Purwanto, perwakilan dari PWI Pesisir Barat, dan peserta Sosialisasi Kehumasan.


Dalam sambutan Pjs.Bupati Pesisir Barat Ir.Achmad Chrisna Putra NR,MEP menyampaikan bahwa, dijajaran manajemen organisasi olahraga, Public Relations atau Humas memiliki peranan penting dalam hal melakukan komunikasi dengan pemangku kepentingan dan publik secara umum. Idealnya humas tidak hanya sebatas dalam menyelesaikan pesan, namun
juga menampung pendapat- pendapat, masukan- masukan dari pihak lain untuk kemudian disampaikan kepada jajaran pengambil keputusan di tingkat manajemen.

Fokus utama dari Humas adalah mengelola arus informasi antara organisasi olahraga dengan publik, baik itu internal maupun eksternal. Peran Humas diharapkan mampu
mengkomunikasikan antara aspirasi Atlet dengan KONI Lampung, sehingga dapat memberikan solusi untuk mengatasi konflik internal dalam organisasi. Sesuai dengan peran Humas dalam organisasi yakni untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan serta menjalin hubungan harmonis kepada pihak yang berkaitan.

Melihat pentingnya kegiatan sosialisasi kehumasan, dimaksud lewat kesempatan ini
Agar para peserta sosialisasi kehumasan KONI Provinsi Lampung di Kabupaten Pesisir Barat mengikuti dengan serius, sehingga pengetahuan yang telah didapat dari kegiatan sosialisasi dapat bermanfaat dan diterapkan, sehingga masyarakat juga mendapatkan informasi mengenai perkembangan olahraga di Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian dilanjutkan Sambutan dari Narasumber Wakabid Humas KONI Provinsi Lampung Edi Purwanto, menyampaikan bahwa sangat mendukung dan berterima kasih, dengan berlangsungnya sosialisasi kehumasan ini. Kegiatan ini sangat membantu, tentunya agar mengerti tentang apa itu kehumasan dan programnya.

Saat ini KONI terkendala dengan adanya pandemi COVID-19, sehingga anggaran terpotong dan hal itu menjadi permasalahan bagi KONI se-Indonesia. Edi Purwanto juga mengatakan kebanyakan tugas humas hanya sebatas mengantarkan surat ke suatu tempat ke tempat yang lain. Tetapi semuanya berubah. Sekarang Humas KONI harus mampu menempatkan diri sebagai penyampai informasi.

Tidak hanya itu, anggota yang bekerja di bidang humas KONI juga harus mengatur strategi pemasaran informasi dengan baik.