Krui -

PESISIR BARAT-Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., menginformasikan bahwa, Pj. Sekda Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Drs. Jon Edwar, M.Pd., menyaksikan secara langsung penerbangan perdana pesawat Susi Air di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas di Tahun 2024, Rabu (13/3/2024).

Turut menyaksikan penerbangan perdana tersebut Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Ali Yudiem, S.H., dan Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Ariswandi, S.Sos.

Pj. Sekda Jon Edwar disela-sela kegiatan tersebut mengatakan bahwa saat ini Bandara Muhammad Taufiq Kiemas bisa kembali melakukan pelayanan angkutan manusia. Dalam rangka memaksimalkan aktivitas penerbangan pesawat Susi Air di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas membutuhkan banyak peran dari berbagai pihak. "Tak terkecuali peranan besar dari masyarakat yang bisa menjadi penentu bagaimana penerbangan di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas ke depannya," ujar Pj. Sekda Jon Edwar.

Karenanya Pj. Sekda Jon Edwar meminta agar masyarakat mulai mengalihkan minatnya dalam menggunakan transportasi via udara tujuan Krui - Bandar Lampung dan sebaliknya, serta Krui - Bengkulu dan sebaliknya. "Apalagi menggunakan transportasi udara, masyarakat tidak hanya efisien waktu tetapi hemat biaya dengan jarak tempuh yang sangat cepat," terang Pj. Sekda Jon Edwar.

Masih kata Pj. Sekda Jon Edwar, pihaknya memproyeksikan dalam waktu dekat untuk berkoordinasi dengan beberapa daerah tetangga agar bisa membantu dalam hal pemenuhan penumpang melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan melakukan Dinas Luar (DL) untuk dapat menggunakan pesawat melalui Bandara Muhammad Taufiq Kiemas. "Beberapa daerah tetangga itu seperti Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan harapan aktivitas penerbangan di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas bisa berlangsung sesuai target," pungkasnya.

"Sehingga upaya kita agar pesawat yang berbadan lebih besar bisa mendarat dan beraktivitas di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas dan melakukan pelayanan terhadap masyarakat bisa terwujud. Tentu hal itu harus dilaksanakan secara bertahap sejak dini," tukas Pj. Sekda Jon Edwar.

Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Pesibar, Ali Yudiem menambahkan bahwa Legislatif Pesibar siap memberikan dukungan penuh terhadap pihak Eksekutif dalam upaya memaksimalkan penerbangan di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas. "DPRD siap memerintahkan seluruh staf dan meminta para Anggota Legislatif (Aleg) untuk menggunakan pesawat Susi Air jika hendak melakukan DL sesuai dengan rute pesawat yang telah ditentukan," tutur Wakil Ketua Ali Yudiem singkat.