Krui -

PJ. SEKDA JON EDWAR HADIRI PELANTIKAN FAD PESIBAR

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kabupaten Pesisir Barat Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Pj. Sekretaris Daerah (Pj) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Drs. Jon Edwar, M.Pd., menghadiri pelantikan dan pembinaan Forum Anak Daerah (FAD) Pesibar Periode 2023-2026 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), di selasar Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Rabu (13/12/2023).

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), L. Liastuti, S.Pd., M.M., Kepala DP3AKB dr. Budi Wiyono, M.H., Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Agus Triyadi, S.IP., M.M., Plh. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Elvin Yonanda, S.IP., M.M., Fasilitator Nasional, Ahmad Asari, S.Pd., dan aktivis forum anak.

Dalam sambutannya Pj. Sekda Jon Edwar mengatakan bahwa, Pemkab Pesibar hingga saat ini terus berupaya mewujudkan komitmennya sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). "Peran serta anak sebagai pelopor dan pelapor yang diwadahi dalam FAD untuk membantu mewujudkan hal tersebut perlu dioptimalkan," kata Pj. Sekda Jon Edwar

Menurut Pj. Sekda Jon Edwar, forum anak adalah anak- anak hebat, pilihan dari berbagai kelompok anak si Pesibar yang kemudian diberikan pembekalan dan diadakan seleksi bakat minat oleh forum anak periode sebelumnya, sehingga nantinya akan menjadi penerus FAD sebagai pelopor dan pelapor. "FAD berfungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan, dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus anak dalam proses pembangunan," jelas Pj. Sekda Jon Edwar.

"Jangan ragu untuk menyampaikan aspirasi untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan maupun program pemerintah," imbuhnya.

Pj. Sekda Jon Edwar meminta anggota FAD untuk menjadi pelopor dengan senantiasa membiasakan bertindak, berfikir, dan berkata positif, berinovasi dan kreatif. "Kebiasaan tersebut harus dimulai dari diri sendiri selanjutnya mengajak orang lain atau teman," pinta Pj. Sekda Jon Edwar.

Selain itu, Pj. Sekda Jon Edwar juga meminta anggota FAD untuk segera melakukan pemetaan dan pemilihan isu sesuai dengan kebutuhan serta kondisi anak di Pesibar dan memberikan masukan alternatif solusi atas isu tersebut. "Jadilah pelapor dengan melaporkan hambatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dialami diri sendiri maupun orang lain kepada pemerintah melalui pendamping dalam yaitu DP3AKB," tandasnya.

Pj. Sekda Jon Edwar juga memerintahkan DP3AKB untuk memfasilitasi kebutuhan FAD, memberikan pendampingan terhadap kegiatan FAD agar dapat menjadi agen perubahan bagi anak-anak Pesibar, serta memastikan prinsip kesadaran diri, tanpa paksaan dan keselamatan bagi anak terpenuhi. "DP3AKB juga agar segera berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) agar pada setiap jenjang perencanaan pembangunan, FAD dapat terlibat dan berpartisipasi aktif menyampaikan suaranya dalam rangka pemenuhan hak dan mewujudkan Pesibar menjadi KLA," tukas Pj. Sekda Jon Edwar.

Berikut susunan FAD yang dilantik langsung oleh Kepala DP3AKB Budi Wiyono.

Duta:

1. Reno Sensa Pranata

2. Wahyu Satria

3. Mutiara Qortunninda

4. Sacia Nadin K

Ketua: Raisa Rahman

Sekretaris: Aini Kamelia

Bendahara: Nadia Ramdona