Krui -

PERKENALKAN POTENSI WISATA AIR TERJUN DI PESISIR BARAT, BUPATI PESISIR BARAT MEMBUKA SECARA RESMI FESTIVAL IJA MIT WAY SINDI

PESISIR BARAT - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa, Bupati - Wakil Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H. - A. Zulqoini Syarif, S.H. menghadiri sekaligus membuka "Festival Ija Mit Krui 2023 Singgah Pai di Way Sindi" bertempat di Pekon Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karyapenggawa, Jumat (23/6).

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Audi Marpi, M.M; para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD); Camat Karya Penggawa; Peratin Way Sindi Hanuan; dan Dewan Penasehat Indonesia Fighter Tourism Association (IFTA), Agus Subagyo.

Bupati Agus mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang terhadap seluruh rombongan IFTA di Bumi Para Sai Batin dan Ulama (Julukan Pesibar/Krui-red) itu.

"Hingga saat ini, Pemkab Pesibar terus berupaya menggenjot beberapa potensi pariwisata di Pesibar seperti wisata pantai dan wisata kebudayaan," ujar Bupati.

Upaya-upaya tersebut, lanjut Bupati Pesibar, antara lain, digelarnya World Surf League (WSL) Krui Pro yang hampir rutin digelar setiap tahun dengan melibatkan peserta dari berbagai Negara. "Alhamdulillah dalam kegiatan WSL Krui Pro QS 5000 yang baru saja selesai digelar beberapa waktu lalu, Pesibar dinilai sebagai daerah yang memiliki ombak terbaik didunia. Tidak semua daerah yang memiliki pantai ombaknya bisa untuk dijadikan spot surfing," ungkap Bupati

"Selain itu, Pemkab Pesibar juga saat ini tengah melangsungkan gelaran Krui Fair, dimana dalam kegiatan itu Pesibar baru saja memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), bahkan rekor dunia, dalam 2.050 peserta ikut kegiatan Krui Bersinjang dan Pangan Balak," sambungnya.

Dalam momen tersebut, Bupati juga memaparkan potensi wisata lainnya, salah satunya wisata ziarah makam Patih Gajah Mada yang berlokasi di Pekon Kerbang Langgar Kecamatan Pesisir Utara

Rombongan IFTA dijadwalkan mengexplore potensi wisata di Pekon Way Sindi, diantaranya Gua Matu, Gua Liang, Air Terjun Way Detum dan Pengrajin Tapis, Sabtu (24/6) besok.