Krui,

PERESMIAN BENDUNGAN WAY SEKAMPUNG OLEH PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Panglima TNI dan Kapolri, Anggota Komisi V DPR RI Tamanuri, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta jajarannya meresmikan Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu. Kamis, (2/9/2021).

Kadis Kominfo Pesisir Barat menginformasikan bahwa bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini siap difungsikan untuk kepentingan masyarakat dan petani. Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun dan memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dengan luas genangan 800 hektare.

Bendungan Way Sekampung merupakan bendungan yang multifungsi. Bendungan dapat bermanfaat bagi irigasi, air baku, pembangkit listrik, hingga pengendalian banjir. Menurut Presiden RI Joko Widodo, pengoptimalan produktivitas pertanian akan terwujud jika disambung dengan sistem irigasi yang tertata dengan baik, melalui saluran irigasi primer, irigasi sekunder, irigasi tersier, sampai ke kuarter. Presiden berharap kepada Gubernur Lampung, dan Bupati Pringsewu untuk memaksimalkan potensi Bendungan Way Sekampung demi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan produktivitas petani.