Krui,

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal., SH., MH didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, SH menyerahkan Bantuan Kursi Roda dan Tongkat Jalan bagi Penyandang Disabilitas dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab Pesisir Barat.

Pondok Pesantren Raudhatul Qur'an 2. Pekon Lintik Kec. Krui Selatan, Jum'at 25 Juni 2021.

Hadir dalam acara tersebut diatas, Forkopimda Pesisir Barat, Plt. Asissten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kehumasan, Drs. Gunawan, M.Si, Para Ka. OPD Kab. Pesisir Barat ataupun yang mewakilinya, Ketua Baznas Kab. Pesisir Barat Ustadz Zikrullah, S. Ag beserta para Komisioner, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Peratin Pekon Lintik Azwar, dan para Mustahik penerima bantuan Kab. Pesisir Barat. 

Dalam Sambutan Ketua Baznas Kab. Pesisir Barat meyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pesisir Barat beserta jajarannya atas Bantuan yang diberikan pada Mustahik Kab. Pesisir Barat, semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bermanfat bagi penerimanya.

Kemudian dilanjutkan Sambutan Bupati Pesisir Barat menyampaikan, Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyambut dengan baik serta mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Amil Zakat Nasioanal (BAZNAS) RI atas terlaksanakannya acara penyerahan alat bantu disabilitas Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021 ini. dengan memberikan bantuan berupa kursi roda sejumlah 56 unit, tongkat biasa 125 unit, dan tongkat ketiak 25 unit yang diberikan oleh Baznas RI, semoga dengan adanya bantuan ini dapat berguna dan bisa menggugah kesadaran kita semuanya akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan.

Untuk mengingat kembali bahwa penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik sempurna dan berhak untuk mendapat perhatian dan penghormatan tanpa membedakan suku, agama maupun ras. Saudara-saudara kita para penyandang disabilitas bukanlah orang yang mengharapkan dikasihani, tetapi mereka butuh diberikan kesempatan untuk dapat menunjukan kualitas dan kapasitas diri mereka yang sebenarnya.

Bupati Pesisir Barat berpesan kepada para penyandang disabilitas di Kabupaten Pesisir Barat untuk tetap semangat menjalani kehidupan ini. percaya dirilah, terus bekerja keras dan berinovasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing-masing, agar dapat meraih kesuksesan.

Keberadaan Baznas sebagai lembaga Pemerintah Nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya Kabupaten Pesisir Barat.

Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuh kan dan meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak lansung dapat membantu APBN dan APBD. hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat.

Badan amil zakat adalah organisasi pengelola zakat yang dibentuk oleh pemerintah yang terdiri dari unsur masyarakat dan pemerintah dengan tugas mengumpulkan, mendayagunakan, mendistribusikan zakat sesuai ketentuan agama dan perundang-undangan yang berlaku.

Di akhir kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Pesisir Barat didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat kepada Mustahik Kab. Pesisir Barat.