Krui,

Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa STAI Al-Ma'arif Way Kanan Dalam Rangka Kuliah Kerja Sosial (KKS) 

Pekon Gunung Sari, 11 Agustus 2021

Sebanyak 63 orang mahasiswa STAI Al-ma'arif way Kanan melaksanakan Kuliah Kerja Sosial (KKS) di 8 dari 15 Pekon yang terdapat di Kecamatan Pesisir Selatan. Penyambutan mahasiswa KKS dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pesisir Selatan Pada hari Rabu 11-08-2021 sore. Mahasiswa KKS disambut langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Audi Marpi, S. Pd.,MM, dalam hal ini mewakili Bupati Pesisir Barat didampingi Oleh Plt Kadis Pendidikan Sudibyo, SE, Camat Pesisir Selatan Aliyudin M, S. Pd. beserta jajarannya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Pesisir Selatan, Danramil Pesisir Selatan, Ketua Yayasan STAI Al-Ma'arif, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Serta Pratin Dari 8 Pekon Tersebut. 

Dalam Sambutan Bupati yang di bacakan Audi Marpi, S. Pd.,MM. Bahwa kegiatan kuliah kerja sosial (kks) sebagai program intra kurikuler dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan dan tridharma perguruan tinggi pada sekolah tinggi agama islam (stai) al – maarif way kanan. kks adalah media untuk mentransfer dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikaji secara teori dan dikembangkan di implementasikan secara praktek dilapangan. dari tujuan tersebut maka proses pelaksanaan kuliah kerja sosial (kks) daerah-daerah yang lokasinya telah terlebih dahulu di survei dan mendapat izin dari instansi terkait.

Adapun manfaat kks bagi mahasiswa adalah memperdalam kegiatan dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan di kampus dan masyarakat luas, sedangkan manfaat kks bagi masyarakat yaitu mendapat bantuan pemikiran,tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan masyarakat, dan bagi lembaga kampus memperoleh sumber belajar dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian dan pendidikan.

Program kks ini membantu pemberdayaan masyarakat dan berupa program unggulan yang berorientasi kepada kegiatan kewirausahaan. sasaran utama yang akan dicapai melalui kegiatan tersebut adalah : (1) sebagai usaha pemberdayaan masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan ekonomi produktif yang berbasis pada potensi desa. dalam pelaksanaan nya mahasiswa selalu berupaya melibatkan secara optimal peran masyarakat, tokoh masyarakat dan perangkat desa pada setiap tahapan kegiatan kks, baik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pembinaan. (2) menyiapkan para mahasiswa untuk melatih diri dan memupuk jalinan koordinasi dengan berbagai pihak sekaligus membangun kemitraan dalam usaha ekonomi yang saling menguntungkan, agar setelah menyelesaikan studinya dapat menigkatkan lapangan pekerjaan.

Mengakhiri Sambutannya Audi Marpi,S.Pd., MM. Berpesan kepada mahasiswa agar tetap menjalankan protokol kesehatan dalam segala kegiatan