Krui -

SEPTI ISTIQLAL BUKA PEMBINAAN DWP UNIT OPD

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, membuka Pembinaan Pengurus DWP Unit Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perikanan (Diskan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), di ruang rapat Bupati, Lantai 4 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Jumat (10/11/2023).

Pembinaan DWP ditiga Unit OPD tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan pembinaan DWP Unit OPD.

Tampak hadir langsung juga dalam kegiatan tersebut, Plt. Sekda sekaligus Penasehat III DWP Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua I TP-PKK Pesibar, Yulnawati Zulqoini, Ketua DWP Pesibar, L. Liastuti Jon Edwar, Kepala Dinkes, Tedi Zadmiko, S.KM, S.H. M.M, Kepala Diskan, Armen Qodar, S.P., M.M, Kepala DKPP, Unzir, S.P, dan pengurus DWP Tiga Unit OPD Pesibar.

Ketua DWP Pesibar, L. Liastuti Jon Edwar mengatakan untuk mencapai visi Pesibar terwujudnya Pesibar yang amanah, maju, dan sejahtera, diperlukan kekompakan dan kerja sama semua pihak, termasuk DWP sebagai salah satu organisasi yang berada dalam tubuh Pemkab Pesibar.

"Selain mempererat silaturahmi dan memperkokoh persatuan dan kesatuan antar anggota dan pengurus. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan terkait DWP, serta yang terpenting mengajak seluruh pengurus dan anggota untuk berperan aktif dan menyatukan langkah, turut membangun dan memajukan Pesibar," tegas Liastuti.

Dikatakannya, sebagai organisasi perempuan terbesar di Indonesia yang anggotanya terdiri dari istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ASN perempuan, peran DWP tidak bisa dianggap remeh dalam hal mendukung pembangunan.

"Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh pengurus dan anggota DWP untuk tetap semangat dan meningkatkan peran sertanya," harap Liastuti.

Ia juga berharap pengurus dan anggota yang belum aktif menjadi lebih aktif, dan kepada yang sudah aktif menjadi semakin bersemangat untuk melaksanakan program dan kegiatan dharma wanita yang mendukung pembangunan Pesibar.

"Kami jajaran pengurus juga berharap penasihat selalu berkenan memberikan arahan dan dukungan, agar kami para pengurus dan anggota DWP dapat maksimal dalam menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya," pungkasnya.

Penasihat III DWP, Jon Edwar meminta agar para anggota DWP Pesibar dapat memberikan dukungan kepada suaminya dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat dan dalam upaya terus meningkatkan pembangunan di Pesibar.

"Mari bergandeng tangan menyatukan tujuan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan terus meningkatkan pembangunan di Pesibar," ucap Jon.

Penasihat DWP Pesibar, Septi Istiqlal tak menampik akan pentingnya peran dan posisi sebagi seorang perempuan.

"Perempuan mempunyai peran multidimensi yang bukan sekedar sebagai pendamping, tetapi merupakan penggerak keluarga dan masyarakat. Sebagai istri ASN, tentu dukungannya sangat dibutuhkan suami untuk mencapai kinerja yang optimal," kata Septi.

"Salah satu fungsi DWP bertujuan untuk meningkatkan sumber daya anggota keluarga, saling mendukung dalam membina keluarga, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan," imbuhnya.

Menyadari demikian pentingnya organisasi DWP, Septi mengajak anggota DWP untuk aktif dan proaktif sebagai pengurus dan anggota.

Masih kata Septi, dalam menjalankan tugas tugasnya, Dharma Wanita harus selalu bermitra dengan OPD terkait, organisasi-organisasi wanita dan lembaga masyarakat lainnya. "Untuk itu, mari ciptakan dan kembangkan sinergi yang baik dan saling menguatkan satu sama lain," tandasnya.

Ia meminta agar DWP mendukung program-program Pemkab Pesibar sesuai tugas dan jabatannya masing-masing.

"Begitu juga dengan ASN perempuan, di samping menjalankan tugas tersebut, peran dalam keluarga serta sebagai anggota Dharma Wanita jangan sampai ketinggalan," tukasnya.