Krui,

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengikuti Sosialisasi Tentang Peraturan Presiden (Perpers) No 64 Tahun 2020 terkait Perubahan Kedua Perpres No 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kotabumi di Hotel Golden Tulip Springhill Bandar Lampung pada Senin, 22 Juni 2020.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan, M.Si. menyampaikan bahwa sosialisasi ini dihadiri oleh Sekda Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, M.P, Plt. Asisten Bidang Kesra Pesisir Barat Audi Marpi, Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM. dan beberapa kepala OPD Kabupaten Pesisir Barat dan Kepala OPD di wilayah kerja Cabang Kotabumi.

Dalam sambutannya Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kotabumi Lia Y Surosa menerangkan bahwa dengan adanya Perpres yang baru ini maka negara akan selalu hadir dalam memastikan Jaminan kesehatan untuk rakyat Indonesia.

Selain itu dijelaskan juga untuk Tahun 2021 mendatang, peserta PBPU dan BP kelas III tetap disubsidi oleh pemerintah, namun dengan angka yang berbeda yaitu disubsidi sebesar Rp. 7.000/bulan. Kemudian dalam upaya mendukung masa tanggap Covid-19, peserta JKN-KIS yang menunggak dapat mengaktifkan kembali kepesertaannya dengan hanya melunasi tunggakan iuran 6 bulan secara bertahap hingga Desember 2021.

Penyesuaian iuran program JKN dilakukan karena untuk menjaga keseimbangan program tersebut, memberikan pelayanan tepat waktu dan berkualitas, bahkan terjangkau bagi negara dan masyarakat serta berkeadilan sosial.

Bersamaan dengan kegiatan sosialisasi ini juga di lakukan Penandatanganan Addendum PKS PD-Pemda antara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, SKM., SH., MM. dengan Kepala BPJS Cabang Kotabumi Lia Y Surosa.

Kabupaten Pesisir Barat juga mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten Terpatuh dalam hal pembayaran Premi BPJS Kesehatan Tahun 2019 sampai Tahun 2020 di wilayah kerja BPJS Cabang Kotabumi yang di Terima oleh Sekda Kabupaten Pesisir Barat Ir, N Lingga Kusuma, MP.