Krui,

Pemkab Pesisir Barat pusatkan Sholat Idul Adha 1443 H di Lapangan Labuhan jukung.

Krui, Minggu 10 juli 2022.

Kadis Kominfotik & Persandian Suryadi, SIP, MM menginformasikan bahwa Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Wakil Bupati A Zulqoini Syarif SH disambutannya menyampaikan dalam rangka mentazhimkan syi'ar islam bertakbir mengagungkan asmanya, ruku sujud dan bertaqarrub serta bersyukur atas segala karunia-nya, lalu dilanjutkan dengan menyembeleh hewan qurban, sebagai wujud ketaatan pada perintah-nya, meneladani rasulnya serta memperingati peristiwa pengorbanan nabi ibrahim dan nabi ismail alaihissalam. sehingga dengan penuh sukacita dan wajah yang berseri- seri kita berkumpul untuk melaksanakan sholat idul adha 10 dzulhijjah 1443 hijriyah.

Dihari Idhul Adha tanggal 10 dzulhijjah 1443 hijriyah ini, berjuta – juta kaum muslimin dari segala penjuru dunia terhampar di padang arafah, menunaikan ibadah haji, yang termasuk rukun islam yang kelima. inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelehan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan nabi ibrahim alaihissalam setelah beliau menerima wahyu illahi melalui mimpi, yang memerintahkan beliau menyembelih puteranya, ismail. sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukur dan berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan.

karena itu, peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di seluruh penjuru dunia, seharusnya tak lagi dimaknai sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan. Ujarnya

Masih dalam sambutannya wakil bupati Pesisir Barat juga menyampaikan makna dari idul adha merupakan keteladanan nabi ibrahim yang nyata pejuangan kemanusia. peristiwa yang harus sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang ibrahim pada titah sang pencipta allah Swt.

Selain itu, akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan kabupaten pesisir barat tercinta ini. setidaknya segenap pelaku pembangunan di kabupaten pesisir barat ini masih dituntut untuk mengorbankan egoisme, maupun kelompok dengan hidup patuh dengan ajaran allah yang salah satunya tercermin dalam kepatuhan kita kepada : norma – norma hukum dan peraturan – peraturan yang berlaku sebagai masyarakat kabupaten pesisir barat yang terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan materi demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas. pada saat - saat seperti ini, orang tua kita, saudara – saudara kita, karabat dan sahabat kita yang kini tengah menunaikan ibadah haji di tanah suci mekkah, telah melewati salah satu wajib haji sebagai ritual yang cukup berat untuk dilaksanakan yakni wukuf di padang arafah, mari kita doakan orang tua kita, saudara – saudara kita, kerabat dan sahabat kita agar diberi kekuatan, pertolongan dan dimudahkan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji-nya dan kembali ketanah air dengan sehat dan selamat sehingga dapat kembali berkumpul dengan sanak saudara di tanah air dan menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah.

Mengakhiri sambutanya wakil bupati kesempatan tersebut baik secara pribadi maupun atas nama pemerintah kabupaten pesisir barat beserta segenap jajaran mengucapkan “selamat hari raya idul adha 1443 hijriyah, taqabbalallahu minna waminkum taqabbal ya karim, minal aidin wal faidzin, mohon ma’af lahir dan batin.” 

semoga allah menerima amal ibadah kita dan ibadah-ibadah lainnya, serta senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-nya kepada kita sekalian dalam bersama-sama membangun kabupaten pesisir barat yang lebih baik lagi. Tutupnya

Yang bertidak sebagai khotib ustd Khoiril Anwar dan di imami muhammad indillah, S.Pd,.MM.

Sholat id juga dihadiri, forkopimda, para kepala OPD dilingkup pemkab Pesisir Barat dan masyarakat setempat.

 

 

 

INFO REDAKSI