Krui,

Pemkab Pesisir Barat Mengikuti Webinar Peluang Pemerintah Daerah Mengelola Pelabuhan Dalam Rangka Pelaksanaan Program P3D (Pengalihan Personel, Pendanaan, Sarana Prasarana, dan Dokumen). 

OR Wabup Lt 1, Selasa 31 Agustus 2021.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar Sanusi, M.P, MengikutiWIndonesia ebinar Peluang Pemerintah Daerah Mengelola Pelabuhan. 

Turut hadir dalam acara tersebut diatas Kadis Perikanan Armen Qodar, SP, MM. Kadis Koperindag Herizan, S.E. Sekretaris Bappeda Eka Candra, S.KM., MM. Kabag Tapem Setdakab Sukmawati, S.sos. Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabid Prasarana Ahmad Hafid Asikin. 

Dalam sambutan Ketua ABUPI Aulia Febrial Fatwa Mengatakan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) yang merupakan induk Organisasi perusahaan dan pengusaha bidang jasa kepelabuhan menghimbau pemerintah untuk mengajak swasta untuk mengelola pelabuhan yang ada di Indonesia. 

Ketua ABUPI menilai persoalan lain terkait dengan pengelolaan pelabuhan adalah adanya kecenderungan pemerintah daerah untuk mengelola pelabuhan yang berada di wilayahnya tanpa memperhatikan kemampuan dan ketersediaan fasilitas. Untuk itu pengembangan pelabuhan tidak bisa dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tapi juga diperlukan keterlibatan pihak swasta (BUMS) dan pihak pemerintah daerah (BUMD) dalam mengembangkan pelabuhan tersebut. 

Untuk itu ABUPI dan APKASI telah sepakat mengelola pelabuhan dan siap bersama-sama dengan pemerintah ikut serta dalam pengembangan pelabuhan-pelabuhan utama dan pelabuhan penunjang.