Krui,

Pemkab Pesisir Barat mengikuti Sosialisasi Reformasi Birokrasi dilingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah II secara Virtual Meeting.

Ruang Asisten III Setdakab, Kamis 10 Juni 2021.

Hadir mengikuti Acara tersebut diatas, Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abrar Sanusi, M.P, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Sri Agustin S.K.M, Plt. Inspektur Pembantu Wilayah II Kab. Pesisir Barat Ir. Setiawan Permana, Kasubag Organisasi Sekretariat Daerah, Rangga Permana S.E.,M.M.

Dalam arahan Kemen PANRB Muhammad Evarrauce memaparkan, 

dalam upaya kita bersama kita terus mendorong kedepan demi untuk tercapainya suatu tujuan, serta meningkatkan budaya integritas agar semakin lebih baik, budaya dan sinergi kaliborasi menuju perubahan bersama.

Catatan Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi diantaranya :

1. Penerapan Reformasi dan Birokrasi sudah dilaksanakan di seluruh instansi Pemerintah Daerah. 

2. Penerapan Repormasi Birokrasi pada tingkat Perangkat Daerah pada sebagian Pemerintah Daerah belum sepenuhnya merata dan belum berjalan optimal.

3. Pegawai dan masyarakat belum sepenuhnya merasakan dampak dari Reformasi Birokrasi yang dilakukan.

4. Sebagian besar Pemerintah Daerah belom minindaklanjuti Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 390-391 Tahun 2019 tentang langkah strategis dan konkret penyederhanaan Birokrasi dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 28 Tahun 2019 tentang penyetaraan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungsional belum diterapkan secara menyeluruh.

Adapun Tantangan Perencanaan Pembangunan dimasa Pandemi Covid-19 antara lain :

1. Siap mekakukan perubahan secara cepat untuk menyesuaikan tantangan dan peluang, dengan tujuan utama yaitu, untuk mensejahtrakan rakyat dan untuk memajukan Bangsa.

2. Penguatan sinergi dari seluruh instansi Pemerintah (Pusat dan Daerah) untuk memecahkan masalah yang kita hadapi diantaranya masalah kesehatan dan Perekonomian.

3. Penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir dalam memberikan pelayanan, baik pada sektor pelayanan pemerintahan, pelayanan Pendidikan, atau bisnis.