Krui,

PEMKAB PESISIR BARAT MENGIKUTI RAPAT PENGAWASAN PENGENDALIAN INFLASI DAERAH TAHUN 2022 MELALUI ZOOM MEETING.

Krui, Selasa 23 Agustus 2022.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Suryadi.,S.IP.,MM menginformasikan bahwa Rapat tersebut diikuti oleh Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, S.Pd.,MM., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Zukri Amin, MP, Kadis Perhubungan Nurman Hakim, S.H., MM, dan para Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perwakilian dari OPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Sekdakab Pesisir Barat.

Dalam arahan Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menyampaikan apa kita tahu bahwa pasca pandemi Covid-19 terjadi dampak perekonomian keuangan dunia global termasuk Indonesia, pandemi Covid-19 membuat kegiatan-kegiatan masyarakat, kegiatan Internasional lintas Negara menjadi melambat itu berpengaruh terhadap keadaan ekonomi terjadi pelambanan ekonomi berdampak kepada keadaan keuangan fiskal dan juga menimbulkan dampak yang lain efek domino masalah sosial, pengangguran, dan bertambahnya penduduk yang miskin dan lain-lain.

Ekonomi yang kita bicarakan efek dominonya banyak sekali, di beberapa Negara bahkan sudah terjadi krisis keamanan dan politik.

Kita bersyukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa karena lebih dari 2 Tahun setengah kita mengalami gejolak dampak pandemi Covid-19 seluruh Kepala Negara dan seluruh Kepala Daerah, seluruh Dunia dan seluruh Negara menghadapi persoalan yang sama yang objektif tujuannya ada 2 :

1. untuk mengendalikan Pandemi Covid-19.

2. Menjaga agar ekonomi tetap bisa hidup survei.

Jadi ini sebetulnya ada perbandingan kita menyaksikan sekaligus menjadi pelaku sejarah pandemi Covid-19 dalam sejarah umat manusia semua Negara kena, kita melihat pada saat pandemi covid-19 pertumbuhan ekonomi kita melambat demikian juga kondisi keuangan kita baik Pusat maupun Daerah.

Kita semua juga pasti merasakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi berkurang seperti di Bali dan Bandung sangat jauh menurun sekali.

Kita bersyukur bahwa Indonesia termasuk sukses mengendalikan Pandemi Covid-19, dan harus kita catat bahwa Indonesia adalah Negara besar nomor 4 penduduknya terbesar didunia.

INFO REDAKSI