Krui,

PEMKAB PESISIR BARAT MENGIKUTI RAKORNAS TIM PERCEPATAN AKSES KEUANGAN DAERAH (TPAKD) TAHUN 2021 SECARA VIRTUAL MEETING.

Krui, Kamis 16 Desember 2021.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H didampingi Kabag Perekonomian Setdakab Ariswandi, S.Sos.,MP, Sekretaris Dinsos Ahmad Diah, S.Si, M.M, Kasubag Perekonomian Hadiancha, S.E Mengikuti Rakornas tersebut secara Virtual Meeting di Ruang Rapat Wabup Pesisir Barat.

Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Tahun 2021 mengusung Tema "Percepatan Akses Keuangan Di Daerah Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional".

Dalam laporan Ketua Pelaksana kegiatan yang disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara menyampaikan di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian akibat pandemi covid-19 saat ini Pemerintah bersama dengan industri jasa keuangan dan pemangku kepentingan lainnya telah menyiapkan serangkaian inisiatif strategis untuk menghadapi berbagai tantangan di sektor jasa keuangan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional Indonesia pada saat ini.  

Untuk memberikan daya ungkit dan mempercepat pemulihan ekonomi secara global antara lain melalui digitalisasi keuangan dan UMKM di Daerah. Dalam kaitan ini percepatan akses keuangan di Daerah menjadi salah satu strategi dalam mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dan pencapaian target inklusi keuangan dalam mendukung pemulihan ekonomi Indonesia, dan pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada Tahun 2024, untuk mewujudkan hal tersebut maka keberadaan dan peran dari TPAKD menjadi sangat penting sesuai peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020. 

Kemudian dilanjutkan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Plh. Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Agus Fathoni menyampaikan Rapat Koordinasi Nasional TPAKD kali ini merupakan salah satu wujud nyata kebersamaan kita dalam pemulihan ekonomi pada masa panjang, kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah menyamakan satu persepsi dan sinergi dalam usaha pemulihan kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19 guna menciptakan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dari inisiasi dan diawali dalam rangka membentuk Tim yang sangat penting bagi Pemerintah dan Pemerintah Daerah juga para pemangku kepentingan dalam percepatan akses keuangan di Daerah untuk mendukung kemandirian Daerah, peningkatan pertumbuhan ekonomi Daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Daerah.

Program pemulihan ekonomi nasional merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menjaga dan pergerakan roda perekonomian secara aktif telah terlibat dalam usaha pemulihan ekonomi nasional melalui skema pembiayaan aplikatif yang telah diluncurkan dan di abduksi oleh berbagai Daerah di Indonesia peranan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi ini sangatlah penting hal ini sejalan dengan tujuan dari TPAKD.

INFO REDAKSI