Krui,

Pemkab Pesisir Barat Menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Tahun 2021.

Aula Hotel Sunset Beach Pekon Way Redak, Rabu 1 September 2021.

Sosialisasi dan Pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi S.Pd., MM.

didampingi Kadis PPPA Kab. Pesisir Barat Nurkemala S.Pd., M.M yang diwakili oleh Sekretaris DPPPA Pesisir Barat Rukzawarni, S.IP, Fasilitator KLA Provinsi Lampung Ahmad Azhari, S.Pd.

Turut hadir dalam acara tersebut diatas, Para Perwakilan OPD Kab. Pesisir Barat, Kepala Cabang Bank Lampung Kabupaten Pesisir Barat, Kepala SPBU kabupaten Pesisir Barat, Para Pengusaha Tambak Kabupaten Pesisir Barat, Pimpinan Alfamart dan Indomaret Kabupaten Pesisir Barat, Serta tamu Undangan. 

Dalam Laporan Ketua Panitia Kadis PPPA Kab. Pesisir Barat, yang diwakili oleh Sekretaris DPPPA Kab. Pesisir Barat Rukzawarni, S.IP. Menyampaikan Maksud dan Tujuan diadakannya Pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) di Kabupaten Pesisir Barat adalah wadah sinergi dan percepatan upaya perlindungan anak Menjadi terutama untuk memastikan peran serta sektor swasta Perusahaandi Kabupaten Pesisir Barat. diharapkan APSAI akan didukung oleh perusahaan yang nantinya akan berkolaborasi dan dipimpin oleh perwakilan perusahaan yang hadir pada hari ini, sehingga pertemuan tidak akan berhenti pertemuan saja tetapi berlanjut hingga kepengurusan APSAI terbentuk. Semoga dengan adanya sinergitas perusahaan atau dalam hal ini para pengusaha diharapkan kedepannya pemenuhan hak anak akan berjalan dengan lebih baik.

Kemudian dilanjutkan sambutan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan yang telah hadir memenuhi undangan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat karena adanya acara ini maka diharapkan pemenuhan dan kepedulian terhadap anak semakin baik sebab anak merupakan generasi dimasa depan yang perlu dibina dengan baik, atas nama pemerintah daerah sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan yang hadir oleh sebab itu kami berharap kepada pihak perusahaan agar mau saling bersinergi untuk bekerja sama dan menciptakan kepedulian terhadap anak. 

Tujuan dibentuknya Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) adalah untuk mengajak semua dunia usaha, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil bersama sama melindungi, memenuhi kebutuhan dan hak anak. sebagaimana disebutkan bahwa APSAI merupakan lembaga independen yang dapat menentukan kelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak- hak anak dan mengukur kelayakan sebuah perusahaan yang layak bagi anak.

APSAI berfungsi sebagai wadah utama komunikasi bagi perusahaan yang perduli kepada anak- anak di Kabupaten Pesisir Barat untuk bersama memecahkan masalah yang dihadapi, ada 3 peran dunia usaha yang mewujudkan Kabupaten Layak Anak yaitu Policy, Product dan Program.

Asisten I berharap dengan dibentuknya APSAI di Kabupaten Pesisir Barat dapat membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan dan hak anak sehingga Kabupaten Pesisir Barat benar-benar bisa menjadi kabupaten yang layak bagi anak. 

Dalam pelaksanaan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak perlu di gawangi 4 pilar, yaitu pemerintah daerah, kalangan usaha, lembaga masyarakat, media massa, dan salah satu indikator KLA adalah terbentuknya APSAI, seperti yang kita laksanakan hari ini.