Krui,

Pemkab Pesisir Barat Menggelar Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krui Dengan Tema "UMKM Krui Go Digital" Kab. Pesisir Barat Tahun 2022.

Krui, Sabtu 13 Agustus 2022.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, SH didampingi Ketua Dekranasda Kab. Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal membuka secara resmi Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krui sekaligus meresmikan Gedung Sentra Industri Tapis Kab. Pesisir Barat.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Suryadi.,S.IP., MM Menginformasikan bahwa kegiatan tersebut berlokasi di Gedung Sentra Industri Tapis Kecamatan Way Krui Kab. Pesisir Barat yang diselenggarakan melalui Diskoprindag Kab. Pesisir Barat dan Dewan Kesenian Kab. Pesisir Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diatas, Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.Jon Edwar, M.Pd., Wakil Ketua I TP-PKK Kab. Pesisir Barat Ny. Yulna Wati A. Zulqoini Syarif, Kadis Koperindag Siswandi, S.Kom., MH, Kadis Sosial Agus Triyadi, S.IP, M.M, Kadis Nakertrans Sukmawati, S.Sos, Plt. Kasat Pol PP-Damkar Pesbar Cahyadi Muis, Camat Se-kabupaten Pesisir Barat, Para Dewan Kesenian Kab. Pesisir Barat, Para Pihak Sponsor dari Bank Daerah Lampung Cabang Krui dan Tunas Honda dan Pelaku UMK, Dewan Juri serta tamu undangan.

Dalam laporan Ketua Dekranasda sekaligus Ketua Pelaksana Hj. Septi Istiqlal menyampaikan Tujuan Festival UMKM Krui adalah :

1. Sarana silaturahmi para pelaku UMKM Kab. Pesisir Barat sekaligus memasarkan produk unggulannya kepada masyarakat luas.

2. Menstimulus kegiatan pemasaran UMKM agar senantiasa eksis sehingga dapat mengikuti perkembangan pasar.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, SH menyampaikan kegiatan festival UMKM krui yang kita selenggarakan hari ini mengusung tema “UMKM Krui Go Digital“ merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Kab. Pesisir Barat untuk memfasilitasi usaha mikro kecil dan menengah Kab. Pesisir Barat dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat. kita berharap seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di tengah-tengah kita saat ini, para pelaku UMKM Kab. Pesisir Barat mampu memasarkan produknya baik secara lokal maupun nasional, baik secara konvensional maupun secara digital guna meningkatkan penjualan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif.

Disamping itu juga tidak kalah pentingnya untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk dengan menonjolkan nilai tambah yang memiliki keunggulan komparatif sehingga produk kita bisa bersaing di pasar konsumen.

Pemerintah Daerah Kab. Pesisir Barat mengapresiasi dengan terselenggaranya Festival UMKM Krui Kab. Pesisir Barat yang di inisiasi oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kab. Pesisir Barat bersama dengan beberapa organisasi pendukung.

semoga kegiatan ini akan dapat memberikan efek positif kepada para pelaku UMKM di Kab. Pesisir Barat.

Selanjutnya ucapan terimakasih kepada para sponsor dari Bank Daerah Lampung Cabang Krui dan Tunas Honda beserta sponsor pendukung lainnya yang telah berkenan berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pada hari ini. semoga akan banyak kerjasama yang terjalin melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat lainnya terutama di bidang peningkatan kapasitas UMKM Kab. Pesisir Barat.

Pemerintah Daerah Kab. Pesisir Barat melalui dana alokasi khusus (DAK) telah membangun Sentra Industri Tapis Krui Kab. Pesisir Barat sebagai upaya membangun sebuah wadah untuk dapat menampung segala kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan produk dan kompetensi pelaku Usaha Tapis khususnya dan pelaku UMKM lainnya pada umumnya. keberadaan Sentra Industri Tapis ini diharapkan dapat menunjang kegiatan promosi produk UMKM Kab. Pesisir Barat sekaligus sebagai sarana peningkatan kompetensi perajin melalui fasilitas yang sudah disediakan pada gedung promosi dan gedung produksi pada Sentra Industri Tapis Krui ini. 

Di akhir kegiatan dengan persembahan Fashion Show dari Dewan Kesenian Kab. Pesisir Barat dan berbagai Tarian, Pencak Silat budaya Adat Lampung serta berbagai macam makanan khas Pesisir Barat dan kain Tapis Lampung dilanjutkan dengan senam Zumba party dari Perwosi Kab. Pesisir Barat.

 

 

 

INFO REDAKSI