Krui,

Pemkab Pesisir Barat Menggelar Audiensi Dengan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) RI.

Ruang Rapat Wabup Pesisir Barat, Selasa 24 Agustus 2021.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Audi Marpi, S.Pd., MM. membuka langsung Audiensi dengan Badan Keamanan Laut RI.

Turut mendampingi Asisten, Kepala Badan Kesbangpol Nurman Hakim, SH. MM., Ka. BPBD Syaifullah, S.Pi., Sekretaris PUPR Imam Habibudin, M.Si, Sekretaris Dinas Perikanan Mukhlazim Arif.

Dalam kesempatan itu juga Wakil Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan atas nama Pemerintah kab. Pesisir Barat mengucapkan selamat datang kepada Tim BAKAMLA RI, juga menjelaskan Kab. Pesisir Barat dengan Banyak keanekaragaman dengan panjang pantainya 210 Km², juga dalam pelaksanaan surfing ada 12 titik dan 24 tempat, hasil laut juga banyak menghasilkan ikan dan lopster, Kab. Pesisir Barat juga siap menerima masukan-masukan dari Tim BAKAMLA demi untuk teciptanya kerja sama yang baik.

Kemudian dilanjutkan arahan dari Kolonel BAKAMLA Waryoto, S.E menyampaikan atas dasar perihal permohonan kepada Bupati pesisir Barat terkait dengan data dan penelitian sesuai dengan Undang -Undang 32 Tahun 2014 melakukan patroli di perairan laut, melakukan survei.

Ini adalah tahapan yang Ke-3, pertahun kita melakukan survei di seluruh Indonesia, akan melakukan di 3 titik lokasi luasnya 2000 m²

diantaranya : Way Batang, Tanjung Beringin, Way Napal karna jangkauan yang paling luas.

Adapun Tugas dan Fungsi Badan Keamanan Laut RI :

Melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia dan Menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, Menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, 

Menyinergikan dan memonitor pelaksanaaan patroli perairan oleh instansi terkait.

Memberikan dukungan teknis dan operasional kepada instansi terkait, 

Memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, melaksanakan tugas lain dalam sistem pertahanan Nasional.

Tujuan Tim BAKAMLA berkunjung ke Pemkab Pesisir Barat yakni dalam rangka melakukan survei dan penelitian untuk penempatan sensor.