Krui -

PEMKAB PESISIR BARAT MEMBUKA SECARA LANGSUNG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON PASKIBRAKA KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2023

PESISIR BARAT - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat dalam hal ini diwakili Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Barat (Pesibar), A. Zulqoini Syarif, S.H. membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 40 anggota calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023, di Villa Monalisa Pekon Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Dr. Imam Habibudin, M.Si; Dandim 0422/Lampung Barat (Lambar), Letkol. CZI. Anthon Wibowo; Perwakilan Polres Pesibar; Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD); dan jajaran Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pesibar.

Dihadapan 40 calon Paskibraka, Wabup Pesibar mengawali sambutannya dengan ucapan selamat terhadap 40 peserta didik yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Pesibar terpilih menjadi calon anggota paskibraka tahun ini. "Yang berhasil terpilih merupakan putra- putri terbaik Pesibar serta kader bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, 17 Agustus mendatang," tutur Wabup.

Menurut Wabup Pesibar, dengan terpilih menjadi calon anggota paskibraka menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi peserta didik tersebut, sekolah, dan juga bagi masing-masing orangtua. "Karena hal ini menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota paskibraka," ucapnya.

Wabup Pesibar memaknai bahwa anggota Paskibraka tidak hanya semata sebagai penggerak Bendera, lebih dari itu merupakan bagian dari menyiapkan calon pemimpin masa depan Indonesia yang mampu memahami dan mengamalkan nilai pancasila serta memiliki jiwa kepemimpinan, patriotisme, nasionalisme, dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih jauh, Wabup Pesibar mengatakan, proses pelatihan yang akan dijalani bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental seluruh calon anggota Paskibraka agar suksesnya pelaksanaan misi dan tugas penting yakni pengibaran dan penurunan bendera merah putih nantinya.

Masih kata Wabup Pesibar, tahun ini Pesibar mengirimkan satu putra dan satu putri terbaik sebagi calon anggota paskibraka di tingkat Provinsi Lampung. Ia menilai hal tersebut merupakan prestasi luar biasa.

"Salah satu puncak keberhasilan upacara memperingati kemerdekaan RI ke-78 ini berada di pundak pasukan pengibar bendera. maka berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tekuni, dan serius. Patuhi dan ikuti semua pesan dan instruksi pelatih. jaga kedisiplinan, perhatikan kesehatan dan tetap jaga kekompakan sebagai team work, Insyaallah nantinya seluruh anggota paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik," pungkasnya.

Wabup Pesibar juga meminta panitia agar dapat mengantispasi sedini mungkin faktor-faktor non teknis yang dapat mengganggu proses pelaksanaan pengibaran bendera nantinya. "Dengan demikian momen yang sakral ini nantinya diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses," tukasnya.