Krui,

PEMKAB PESISIR BARAT MELAKSANAKAN SOSIALISASI REKOMENDASI PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (RPLP2B) TAHUN 2022.

Krui, Selasa 17 Mei 2022.

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus istiqlal, S.H.,didampingi Sekda Kabupaten Pesisir Barat Ir. Jalaludin,.M.P., Budi saputra S.P

Dari direktorat perluasan dan perlindungan lahan DIrjen PSP kementan RI Sebagai Nara Sumber, Indriatmoko kabid PSP disKPTPH Provinsi Lampung.Plt.Kadis Ketahanan pangan dan Pertanian Unzir, S.P.,para perwakilan dari OPD dan Camat se-kabupaten Pesisir Barat.

Bupati Pesisir Barat membuka secara langsung kampaye Sosialisasi Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (rplp2b) yang bertempat dilamban apung Kecamatan Pesisir Tengah Krui. 

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan bahwa kampanye dan sosialisasi rekomendasi perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan (rplp2b) kabupaten pesisir barat tahun 2022.adalah sebagai motivasi kita semua dalam rangka melindungi lahan pertanian pangan berkelanjutan dan dengan adanya pelaksanaan kampanye dan sosialisasi ini diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian di kabupaten pesisir barat.

kabupaten pesisir barat pada tahun 2019 telah menerbitkan peraturan daerah kabupaten pesisir barat nomor 6 tahun 2019 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan (lp2b) dimana didalamnya telah ditetapkan luas baku sawah (lbs) kabupaten pesisir barat seluas 8.587,70 ha.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa tujuan kegiatan rekomendasi perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan (rlp2b) yaitu:

1. melakukan updating lbs 2019 yang dilengkapi data atribut jenis lahan, jaringan irigasi, indeks pertanaman dan produktivitas, jalan usaha tani (jut) dan sumber tani;

2. melakukan penyusunan peta usulan lahan pertanian pangan berkelanjutan (terdiri dari kp2b, lp2b, dan lcp2b) denganskala cetak minimal 1:10.000;

3. memberikan rekomendasi peta lp2b untuk ditetapkan dengan peraturan bupati atau diintegritasikan penetapannya dalam perda rtrw kabupaten/kota;

4. menetapkan peta dan sebaran lp2b dalam sk/peraturan bupati.

Diakhir sambutanya Bupati kembali menyampaikan untuk kita bersama-sama menyukseskan WSL Krui Pro QS 5000 yang akan dilaksanakan dari tgl 11-17 juni 2022.

 

INFO REDAKSI