Krui -

PEMKAB PESISIR BARAT IKUTI GERAKAN PANGAN MURAH SERENTAK NASIONAL SECARA VIRTUAL

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Pemkab Pesisir Barat (Pesibar) yang dalan hal ini diwakili oleh Plt. Sekda Kabupaten Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd. mengikuti "Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional Dalam Rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Adha 2023" yang digelar oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui zoom meeting, di Ruang Media Center Lantai I Gedung A, Komplek Perkantoran

Pemkab Pesibar, Senin (26/6/2023).

Selain Plt. Sekda Pesibar, Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Lingkup Pemkab Pesibar.

Dalam arahannya, Kepala Bapanas, Arif Prasetyo, menerangkan, kegiatan ini merupakan langkah strategis sebagai wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah Pusat kepada masyarakat, utamanya masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah. Baik masyarakat di wilayah perkotaan maupun di pelosok untuk dapat mengakses kebutuhan pangan pokok dengan harga yang terjangkau dan tentunya dibawah harga pasar.

"Saat ini harga kebutuhan pangan dari hari ke hari terus memperlihatkan kenaikan yang cukup serius akibat dari rantai pasokan dan ketersedian pangan yang relatif terbatas dengan jumlah permintaan yang terus bertambah," jelasnya.

Kondisi tersebut dapat berdampak pada keterjangkauan masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pangan baik secara ekonomi maupun fisik.

Ditambahkannya, kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar tersebut merupakan perpaduan antara program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), serta kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan oleh Bapanas.

"Kita berharap seluruh warga yang akan berbelanja agar belanjalah secukupnya sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan. Karena kebutuhan bahan pangan yang dijual ini untuk dikonsumsi bukan untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi," tukasnya