Krui,

PEMKAB PESISIR BARAT GELAR RAPAT MENINDAK LANJUTI  PENANGANAN COVID-19 DI RUANG CUKUH TANGKIL SETDAKAB, KAMIS, 28 MEI 2020

Plt. Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat Drs. Miswandi Hasan, M.Si.  Menginformasikan bahwa rapat tersebut di atas dipimpin langsung oleh Ketua Gugus Tugas Dr.Drs. Agus Istiqlal SH.,MH serta dihadiri oleh seluruh Tim Gugus Tugas.

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs. Agus istiqlal SH.,MH menghimbau dalam penanganan covid-19 agar masyarakat tidak panik namun selalu waspada dan selalu menjaga kesehatan sesuai aturan protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran wabah covid-19 ini.

Bupati Pesisir Barat juga menghimbau untuk para tenaga medis, petugas keamanan untuk selalu siaga membantu menangani penyebaran covid-19, dan menghimbau penegakan disiplin kepada masyarakat tentang kesehatan di lingkungan masyarakat khususnya di tempat-tempat keramaian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten pesisir barat Tedi zadmiko, SKM.,SH.,MM. menjelaskan tentang meningkatnya penyebaran covid-19 ini karena ada warga yang baru tiba dari luar Pesisir Barat (Pemudik) sebagai carrier, dimana yang bersangkutan kurang mematuhi prosedur untuk isolasi mandiri.

Terkait hal tersebut diatas, diharapkan agar seluruh elemen pemerintahan agar dapat bersama-sama menciptakan kesadaran masyarakat Pesisir Barat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Apabila ada warga yang secara prosedurnya diharuskan melaksanakan isolasi mandiri, maka pemerintah tingkat Kecamatan dan Pekon yang akan bertugas memantau dan mendata yang bersangkutan, hasil pemantauan dan pendataan tersebut kemudian diserahkan kepada Dinas Kesehatan.

Untuk itu, efektifitas kinerja gugus tugas tingkat Kecamatan dan Pekon memiliki peran penting untuk menciptakan kesadaran masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, terlebih dengan wacana penerapan program new normal yang tentu akan digulirkan bersamaan dengan aturan protokol kesehatan yang ketat untuk dipatuhi masyarakat.