Krui -

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-60, di Halaman Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Senin (19/3/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., dengan dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan forkopimda Pesibar.

Dalam amanat Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi yang disampaikan Pj. Sekda Jon Edwar mengatakan bahwa Provinsi Lampung dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 1964.

"Pada awal pembentukan, Provinsi Lampung dibagi menjadi empat wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Lampung Utara (Lampura), Lampung Selatan (Lamsel), dan Kotapraja Tanjungkarang - Telukbetung. Provinsi Lampung sendiri terus melakukan upaya pengembangan diberbagai bidang. Dimana saat ini, Provinsi Lampung terbagi ke dalam 13 Kabupaten dan dua Kota," terang Pj. Sekda Jon Edwar.

Dalam peringatan hari jadi tahun ini mengusung tema Harmoni Dalam Kolaborasi Untuk Lampung Berjaya. "Sejalan dengan tema tersebut diharapkan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Sehingga dapat bersama-sama terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat, menuju Lampung maju dan berjaya," kata Pj. Sekda Jon Edwar mengungkapkan harapan Gubernur Lampung.

Menurut Pj. Sekda Jon Edwar, Gubernur Lampung juga berterima kasih terhadap seluruh jajaran forkopimda Provinsi Lampung atas terbangunnya hubungan harmonis di Provinsi Lampung. Hal itu terbukti dari Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung Pada Tahun 2023 meraih angka kinerja 73,3 yang mengindikasikan kondisi kerukunan umat beragama saat ini dalam kondisi yang baik dengan tercipta kondisi yang aman dan rukun. Selain itu nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 78.32 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung. "Dan Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Tahun 2023 Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 55,71, dimana capaian nasional adalah sebesar 55,13. Hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung," ungkap Pj. Sekda Jon Edwar.

Lebih jauh Pj. Sekda Jon menerangkan, diusianya yang ke-60 memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya. Diusia ini juga Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

"Hari Jadi ke-60 juga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini, serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan di masa yang akan datang.
Peringatan hari jadi juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung, serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran, acara perayaan dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas pariwisata dan promosi budaya lokal serta promosi UMKM Produk Unggulan Lampung," tandas Pj. Sekda Jon Edwar.

"Atasnama Pemprov dan masyarakat Lampung menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada para pahlawan dan pendahulu dalam mempertahankan tanah Lampung, pembentukan Provinsi Lampung, dan membangun bumi Lampung," pungkas Pj. Sekda Jon Edwar.