Krui,

Pembukaan Forum Konsultasi Publik Tahun 2021 untuk Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022

Krui, 16 Febuari 2021

Acara tersebut diatas bertempat di kantor BAPEDA, dan dibuka langsung oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Samsu Hilal, s, sos. Dalam hal ini mewakili Bupati Pesisir Barat. 

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, forum konsultasi publik yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) kabupaten pesisir barat tahun 2022. sebagaimana kita pahami bersama, bahwa proses penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran dimulai satu tahun sebelum dilaksanakan. sehingga pada awal tahun 2021 ini kita sudah memulai proses perencanaan untuk tahun 2022 mendatang.

sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan permendagri nomor 86 tahun 2017, dimana proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen rancangan awal RKPD dengan rancangan awal renja dalam kaitannya dengan sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten serta menjamin terpenuhinya pembangunan di masyarakat yang tepat sasaran.

Pada acara hari ini akan disampaikan rancangan awal dari RKPD kabupaten pesisir barat tahun 2022 mendatang oleh kepala bappeda. selanjutnya, setelah pelaksanaan forum ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan musrenbang rkpd kabupaten di kecamatan se-kabupaten pesisir barat, forum gabungan perangkat daerah kabupaten pesisir barat, musrenbang RKPD kabupaten pesisir barat, musrenbang RKPD provinsi lampung hingga nantinya musrenbang nasional sebelum akhirnya RKPD kabupaten pesisir barat ditetapkan pada bulan juni/juli 2022.

Bupati juga menyampaikan dan harus menjadi perhatian bagi proses perencanaan pembangunan kabupaten pesisir barat tahun 2022, bahwa program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah harus memperhatikan rancangan prioritas daerah tahun 2022, yaitu:

pembangunan sumber daya manusia, kesehatan masyarakat, pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, 

reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Kelima rancangan prioritas pembangunan untuk tahun 2022 mendatang diharapkan dapat ditelaah dan dipertajam bersama-sama dalam forum ini untuk menuju tema pembangunan pada tahun 2022 “Pembangunan Ekonomi Daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia”. lebih lanjut, rancangan prioritas ini juga akan disinkronkan dan disinergikan kembali dengan prioritas dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi lampung. agar hal ini dapat menjadi catatan dan pedoman bagi kita semua, terlebih pada proses perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2022 mendatang kita diwajibkan untuk menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yaitu sistem informasi pembangunan daerah (sipd) kemendagri. sehingga diminta untuk menyusun program, kegiatan, sub kegiatan dengan hati-hati serta penuh tanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan.

bapak/ibu hadirin yang saya hormati;

penggunaan aplikasi sipd kemendagri ini diterapkan juga pada proses pengajuan usulan dari masyarakat untuk musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan serta usulan pokok-pokok pikiran DPRD untuk renja perangkat daerah tahun 2022.

Bupati berharap, bahwa forum ini dapat menjadi forum diskusi antar pemangku untuk memperkaya dan menyempurnakan rancangan awal RKPD tahun 2022.

Hadir dalam acara tersebut di atas kepala Dinas Pendidikan dan Pemberdayaan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PU PR , Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pertanian serta dihadiri juga oleh Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Pesisir Barat persatuan Ikatan Doctor Indonesia kabupaten Pesisir Barat persatuan Ikatan Bidan Indonesia kabupaten Pesisir Barat ketua karang taruna kabupaten Pesisir Barat, ketua STIT ALmuktazam, Direktur PT. Krui Sukses Mandiri (Perseroda)