Krui,
Menu

Pembinaan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Sekolah Menengah dan Sosialisasi Bela Negara Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Pesisir Barat pada Selasa, 29 Oktober 2019 di Aula Sunset Beach, Pekon Seray.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,SH.,MM menginformasikan bahwa turut hadir pada Acara tersebut, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dilingkungan Kabupaten Pesisir Barat, Anggota Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat & Lampung Barat, Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Lampung, Kapolsek Pesisir Tengah, serta Guru SMA dan SMK Se-Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya sambutan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Lampung Drs. Fajar Isnawan menyampaikan Perubahan nilai-nilai kebangsaan karena dampak globalisasi kemajuan teknologi di berbagai bidang seperti komunikasi, informasi, sangat berpengaruh terhadap aspek sosial yang mencakup tata nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berbagai faktor menyebabkan adanya kecenderungan masyarakat akan menipisnya rasa cinta tanah air, menurunnya jiwa patriotisme dan nasionalisme serta rasa persatuan dan keutuhan bangsa.

Salah satu pendekatan konseptual dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa tersebut adalah membangkitkan kembali kesadaran kita pada semangat persatuan bangsa, nasionalisme maupun patriotisme melalui upaya kesadaran bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat, khususnya dalam upaya menanamkan kesadaran akan hak dan kewajiban konstitusional sebagai warga negara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya dalam sambutan Bupati Pesisir Barat DR. Drs. H. Agus Istiqlal yang dalam hal ini diwakili oleh PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Ir.N. Lingga Kusuma, MP menyampaikan bahwa dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menambah wawasan sehingga dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pembauran dan kerukunan diantara umat beragama, nilai pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI hendaknya terjalin toleransi yang kuat, sehingga adat dan budaya di Kabupaten Pesisir Barat dapat tetap terjaga.

Masih dalam sambutannya, PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat juga menyampaikan bahwa Bupati beserta Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat meningkatkan rasa solidaritas, persatuan, dan kesatuan bangsa di kalangan masyarakat Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Pesisir Barat, menciptakan suasana yang kondusif di daerah masing-masing sehingga apa yang menjadi visi dan misi Kabupaten Pesisir Barat dapat segera terwujud.