Krui,

Pembentukan dan Pelantikan Duta Anak Forum Anak Daerah (FAD) Periode Tahun 2021-2023

Kamis, 02 September 2021.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, S.Pd.,MM. Membuka acara kegiatan Tersebut diatas yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Pesisir Barat Pekon Kampung Jawa. Yang diselenggarakan oleh Dinas PP-PA. 

Dalam Sambutannya, Audi Marpi menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus masa depan, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Audi Marpi juga mengatakan bahwa Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera. 

untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah di bidang partisipasi anak, antara lain melalui pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai wujud partisipasi anak dalam proses pembangunan. salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak tersebut adalah membentuk dan mengadakan pertemuan forum anak.

Audi Marpi juga menekankan agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan. sebab forum anak sebagai penghubung aspirasi anak, dapat memudahkan dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya atau sesama anak-anak lainnya. dan hasil yang diharapkan juga langsung berdampak pada pertumbuhan, perkembangan dan peningkatan partisipasi anak.

Mengakhiri sambutannya Audi Marpi berpesan agar melalui kegiatan ini, anak-anak bisa mengembangkan kreatifitas positifnya dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik untuk masa yang akan datang.

saya juga berharap pertemuan forum ini dapat berkesinambungan sehingga kedepan wadah ini benar-benar dapat dijadikan sebagai ajang bagi anak-anak untuk mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan dunianya. perkembangan yang terjadi harus senantiasa disikapi secara terpadu oleh segenap komponen masyarakat, sehingga forum anak ini dapat memberikan kesempatan pada anak-anak dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.