Krui -

Pelantikan dan Pembinaan Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022

Krui, Rabu 21 Desember 2022

Kadis Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022, maka Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pesisir Barat melakukan Prosesi Pelantikan dan Pembinaan Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yang bertempat di Aula Sekretariat TP. PKK Kabupaten Pesisir Barat.

Pelantikan Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) berdasarkan Keputusan Ketua TPPS Nomor : 002/KPTS/TPPS.KAB.PSB/8/2022 Tentang Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Dalam Mendukung Upaya Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat 

Turut hadir dalam Pelantikan tersebut, Ketua TPPS Kabupaten Pesisir Barat, Danramil Kabupaten Pesisir Barat, Kapolsek Pesisir Tengah, Para Kepala Opd terkait, 

Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Pesisir Barat, dan Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan Wakil Bupati Pesisir Barat sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) A. Zulqoini Syarif, SH menyampaikan Kunci pencegahan stunting dan penanganan stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan/kelahiran (HPK) yaitu dimulai sejak anak masih dalam kandungan.

Program Duta 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) adalah program yang dirancang untuk mendukung program pemerintah republik indonesia dalam gerakan sadar gizi dalam rangka seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK), melalui pendidikan gizi dan pengasuhan secara tepat dan benar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas asuhan gizi ibu dan anak. 

Lanjutnya, Melalui pembentukan duta sekaligus pembinaan pengasuhan 1000 HPK pada kader pembangunan manusia ini, diharapkan cakupan anak bayi dan balita yang terpapar pengasuhan 1000 HPK yang tepat akan meningkat sehingga permasalahan-permasalahan kesehatan dan gizi dapat ditanggulangi lebih dini melalui kegiatan pemantauan pertumbuhan. 

Diakhir sambutan Wabup, Kami percaya bahwa ibu-ibu TP-PKK kabupaten dan kecamatan yang ada di kabupaten pesisir barat yang hari ini dilantik menjadi duta 1000 HPK akan dapat mengedukasi dan menggerakkan seluruh orang tua khususnya di kabupaten pesisir barat agar peduli terhadap pengasuhan anak di 1000 hari pertama kehidupan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Pesisir Barat sekaligus Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Septi Istiqlal menyampaikan, Kegiatan Duta 1000 HPK Program Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah program yang dirancang untuk mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam gerakan sadar gizi dalam rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). 1000 Hari Pertama Kehidupan dimulai dari awal kehamilan sampai umur 2 tahun. Pemenuhan gizi untuk balita dan ibu hamil sangat penting dalam fase ini. Melalui pendidikan gizi secara tepat dan benar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas asuhan gizi ibu dan anak. yaitu kegiatan intervensi yang penting dalam pencegahan dan penurunan stunting. 

Pemantauan pertumbuhan balita juga merupakan kegiatan yang penting untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat dalam rangka kewaspadaan gizi bayi dan balita. Kegiatan pemantauan pertumbuhan mempunyai tiga tujuan penting, yaitu mencegah bertambah buruknya keadaan gizi, mempertahankan keadaan gizi yang baik dan meningkatkan keadaan gizi. Bila ketiga tujuan tersebut mampu dilakukan dengan baik oleh petugas kesehatan, kader posyandu dan masyarakat, maka penurunan prevalensi stunting dapat segera terwujud. 

Masih dalam sampaian Duta HPK Pesisir Barat, Dengan dilantiknya Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan di Tingkat Kabupaten dan Kecamatan saya mengajak seluruh pengurus dan anggota TP-PKK untuk dapat berperan aktif mendukung kegiatan pencegahan stunting, melalui Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan ini sehingaa dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kita semua terutama kaum ibu yang setiap harinya mengasuh dan membesarkan putra-putrinya, kedepan diharapkan anak-anak kita tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan Bantuan alat ANTROPOMETRI KIT kepada ketua TP-PKK Kecamatan oleh Ketua Percepatan Penurunan Stunting (KPPS) Kabupaten Pesisir Barat.