Krui,

Musyawarah Nasional V asosiasi pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia tahun 2021

Krui, Jum'at 26 Maret 2021

Diinformasikan bahwa Plh. Bupati Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP mengikuti acara tersebut diatas secara virtual meeting di ruangan OR. Sekda Kabupaten Pesisir Barat dan acara tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. 

Dalam sambutannya Presiden Ir. Joko Widodo mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh Bupati dalam setahun ini yang telah bekerja keras, melayani dan mendampingi masyarakat serta membantu eksekusi program-program pemerintah sehingga bisa terlaksana dengan baik, tapi perlu kita ingat bahwa tugas kita dalam penanganan pandemi Covid-19 ini belum selesai, penyebaran Covid-19 masih ada dan juga aktivitas ekonomi yang harus kita gerakkan . Hati-hati dengan resiko penyebaran Covid-19 jangan sampai lengah dan harus tetap waspada.

Program-program strategis Kabupaten yang memecahkan masalah-masalah mendasar dan bisa membawa lompatan besar kedepan harus terus dikawal dan diprioritaskan, oleh sebab itu kita harus mengkonsolidasi anggaran, melakukan perencanaan yang matang, penanganan pandemi Covid-19 harus tetap melakukan testing tracing dan treatmen jangan sampai lepas terutama yang masih zona merah.

Selanjutnya program vaksinasi harus terus dikawal dengan detail dan pelaksanaannya di monitor. Setiap kabupaten harus bisa melakukan strategi siapa harus di dahulukan untuk di vaksin karena vaksinnya terbatas.

Melakukan percepatan pemulihan ekonomi persektor jangan tergesa-gesa, program-program padat karya diperbanyak karena sekarang rakyat butuh pekerjaan dan income, bantu UMKM dan proyek-proyek yang ada harus menggunakan produk lokal jangan sampai menggunakan produk asing, kemudian eksport dan investasi betul-betul diberikan pelayanan yang baik. Eksport dan investasi ini menjadi kunci perekonomian kita karena APBN terbatas.