Krui -

MENTORING SPESIALIS "PENANGANAN KOMPLIKASI DM DAN HT" BAGI FKTP DI KABUPATEN PESISIR BARAT 

Krui, Selasa 06 Juni 2023

Kadis Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi melalui Program Mentoring Spesialis yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat mengadakan kegiatan "Mentoring Spesialis Penanganan Komplikasi DM (Diabetes Mellitus) dan HT (Hipertensi) Bagi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di Kabupaten Pesisir Barat" bertempat di STIT Al Multazam Lampung Kampus B, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di FKTP, baik FKTP milik Pemerintah (Puskesmas) maupun FKTP Swasta (Klinik Pratama, Praktek Mandiri Dokter/ Praktek Mandiri Dokter Gigi), serta meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) tersebut dibuka secara langsung oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, SKM., SH., M.M. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diatas, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi beserta jajaran; Narasumber Kegiatan, Dr. Muhammad Shiddiq Al Hanif, Sp.PD; jajaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat; Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pesisir Barat; dan para peserta yang berprofesi sebagai Dokter FKTP se-Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan pembukanya, Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, SKM., SH., M.M. menyampaikan bahwa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat mengundang para Dokter FKTP guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan di FKTP, sehingga para Dokter FKTP tidak hanya berperan dalam kuratif (pengobatan) saja, akan tetapi bagaimana masyarakat dapat menjaga kesehatannya melalui fungsi promotif dan preventif (pencegahan) baik didalam maupun diluar gedung.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap, agar seluruh Dokter FKTP, baik di FKTP Pemerintah maupun FKTP Swasta, terutama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, untuk dapat lebih profesional dengan berlaku adil kepada pasien, baik yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan maupun yang tidak ditanggung, sehingga pasien dan keluarga dapat merasa puas atas layanan yang diberikan," tegas Kadis Kesehatan

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat juga menghimbau kepada para Dokter FKTP untuk mendaftarkan/meregistrasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan nya, baik Puskesmas, Klinik, Tempat Praktek Mandiri Dokter/Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi secara online melalui link registrasifasyankes.kesmas.go.id, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No. 47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Karena saat ini FKTP yang teregistrasi baru 11, Puskesmas dan 3 Klinik, sedangkan Praktek Mandiri Dokter belum ada yang teregistrasi.

"Setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib teregistrasi, baik Puskesmas, Klinik, Tempat Praktek Mandiri Dokter/Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menghimbau agar seluruh FKTP swasta, baik klinik maupuan tempat Praktek Mandiri Dokter/Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi belum registrasi agar segera melakukan registrasi agar sesuai dengan regulasi/peraturan yang ada," pungkas Kadis Kesehatan

Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat juga menghimbau FKTP yang telah teregistrasi agar segera mempersiapkan diri untuk dilakukan akreditasi, karena akreditasi bukan hanya menjadi syarat untuk melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, tetapi lebih kepada menjaga mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan.

Diakhir sambutannya, Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat berpesan kepada para peserta untuk daapt mengambil ilmu sebanyak-banyaknya serta mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada narasumber yang telah menyempatkan hadir untuk berbagi ilmu sembari berharap kepada BPJS Kesehatan Kota Bumi untuk lebih sering melaksanakan kegiatan mentoring seperti ini dalam satu tahun. 

"Saya berpesan kepada seluruh peserta mentoring agar dapat menimba ilmu yang seluas-luasnya. Kepada narasumber kita pada hari ini, saya haturkan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya. Kepada BPJS Kesehatan Cabang Kota Bumi, saya berharap agar kegiatan mentoring ini jangan hanya 1 (satu) kali setiap tahun, tapi lebih sering lagi, kami (Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat) akan selalu siap untuk memfasilitasinya", tutup Kadis Kesehatan