Krui,

MEMUPUK BELA NEGARA DAN KEKOMPAKAN TIM DARI USIA DINI, PPI PESISIR BARAT MENGADAKAN KEGIATAN LKBB PADA RANGKAIAN KRUI FAIR 2023

PESISIR BARAT - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) sekaligus Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) bekerja sama dengan PPI Pesibar, menggelar Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) yang merupakan rangkaian kegiatan Krui Fair Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Pesibar, di halaman Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Kamis (22/6).

Tercatat sebanyak 30 regu peserta dengan rincian sebanyak 19 regu dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 11 regu dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ikut andil dalam LKBB kali ini. Pelaksanaan LKBB tersebut dengan melibatkan dewan juri dari TNI, Polri, dan PPI Pesibar.

Dalam sambutannya, Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.M. yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, S.H. meminta LKBB dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mendedikasikan dirinya sebagai manusia yang mampu menumbuhkan, mengembangkan, dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa.

“Menumbuhkan jiwa patriotisme dalam diri, cinta sesama, dan cinta akan penciptanya, serta untuk mengantisipasi terjadinya degradasi moral remaja dan pelajar yang terjadi akibat arus globalisasi informasi di indonesia, karena dalam penyelenggaraannya LKBB menanamkan semangat belanegara, kebersamaan, solidaritas, disiplin, dan jiwa kepemimpinan,” ungkap Wabup

Menurut Wabup Pesibar, LKBB juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan menciptakan iklim yang kondusif bagi peningkatan dan pengembangan keterampilan baris- berbaris kalangan pelajar. “Melalui kegiatan LKBB diharapkan kita semua mampu menumbuhkan semangat juang yang tinggi agar menjadi manusia yang berkualitas,” lanjut sosok yang bergelar Suntan Panji Negara Sai Batin Marga Belimbing itu.

Diakhir sambutannya, Wabup Pesibar meminta, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa empati dan sebagai sarana edukasi kepada generasi muda anak bangsa. “Dengan partisipasi para peserta dalam kegiatan LKBB, serta antusiasme yang begitu tinggi menunjukkan kita semua mampu berkontribusi terhadap pembangunan di Pesibar,” pungkasnya.

Untuk diketahui bersama, dalam LKBB kali ini, untuk tingkat SD, Juara 1 diraih oleh SDN 08 Krui, Juara 2 diraih oleh SDN 38 Krui, Juara 3 diraih oleh SDN 86 Krui, Juara Harapan 1 diraih oleh SD IT Insan Cendikia, Juara Harapan 2 diraih oleh SDN 03 Krui, dan Juara Harapan 3 diraih oleh SDN 68 Krui. Sementara untuk kelas SMP, Juara 1 diraih oleh SMPN 02 Krui, Juara 2 diraih oleh SMPN 01 Krui, Juara 3 diraih oleh SMPN 09 Krui, Juara Harapan 1 diraih oleh SMPM 18 Krui, Juara Harapan 2 diraih oleh SMPN 13 Krui, dan Juara Harapan 3 diraih oleh SMPN 17 Krui.