Krui,

MASYARAKAT PEKON BANDAR DALAM (WAY HARU SEKITARNYA) MENERIMA BANTUAN 6 JENIS LAYANAN KESEHATAN DAN 200 PAKET ATK BAGI PAUD 

Masyarakat Pekon Bandar Dalam (Way Haru sekitarnya) Kecamatan Bangkunat sebagai salah satu daerah dengan kategori wilayah terpencil di Kabupaten Pesisir Barat mendapatkan 6 jenis pelayanan kesehatan secara langsung pada kamis, 30 September 2021. 

Kegiatan tersebut terselenggara atas kolaborasi antara Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Pesisir Barat. 

Adapun 6 jenis layanan kesehatan yang diberikan secara gratis tersebut berupa Pelayanan Pengobatan, Vaksinasi Covid-19, Keluarga Berencana (KB), Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Inspekulo Vagina Asetat), Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Bagi Ibu Hamil dan Balita. 

Dalam kegiatan tersebut dilaporkan jumlah masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan tersebut masing-masing yaitu 61 orang Pelayanan Pengobatan, 88 orang Vaksinasi Covid-19, 20 orang Pelayanan KB dengan rincian 16 Implant dan 4 Suntik 3 Bulan, 6 orang Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, 70 orang Posbindu PTM, serta PMT Bagi Ibu Hamil sebanyak 40 orang dan PMT Balita sebanyak 40 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Hj. Septi Istiqlal, menyampaikan bahwa TP-PKK berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam upaya pemerataan pelayanan kesehatan dan KB di seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Barat. 

“Sampai saat ini, di Kabupaten Pesisir Barat masih ada wilayah yang masuk kategori terpencil. Masyarakat di wilayah tersebut berhak untuk mendapatkan pemerataan pelayanan kesehatan. Maka dari itu, pelayanan kesehatan di daerah terpencil harus terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat Pesisir Barat setinggi-tingginya” terang Hj.Septi Istiqlal. 

Selain itu, diwaktu yang bersamaan Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Pesisir Barat menyerahkan bantuan berupa 200 paket Alat Tulis Sekolah (ATK) kepada PAUD di Kecamatan Bangkunat yang diberikan langsung oleh Hj. Septi Istiqlal selaku Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Pesisir Barat.