Krui,

KONSULTASI PUBLIK 2 PENYUSUNAN RZ KSNT PPKT PULAU BERTUAH

Krui, Jum'at 28 Oktober 2022

Kadis Kominfotik dan Persandian Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif, S.H., menghadiri acara Konsultasi Publik 2 Penyusunan Ruang Zonasi Kawasan Strategis Nasional Tertentu (RZ KSNT) Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Pulau Bertuah melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan di Ruang Media Center Diskominfotik dan Persandian. 

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Perencanaan Ruang Laut KKP, Koordinator Kawasan Strategis KKP, Subkoordinator Kawasan Strategis Nasional Tertentu KKP, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung.

Kegiatan diatas bertujuan untuk perumusan dan penjaringan masukan terhadap kebijakan dan strategi pengelolaan pemanfaatan KSNT Pulau Bertuah.

Materi teknis meliputi rencana struktur ruang dan pola ruang laut serta alur migrasi biota. Secara umum Pulau Bertuah memiliki potensi Pariwisata, Konservasi, dan Ekosistem Terumbu Karang, daerah Fishing Ground dengan ancaman berupa illegal fishing, illegal claiming dan illegal transit. Merujuk hal tersebut, diperlukan beberapa strategi pengembangan pulau dan pengembangan bidang perikanan.

Beberapa masukan yang disampaikan diantaranya, yaitu penambahan informasi potensi jenis dilindungi dalam draf dokumen RZ KSNT PPKT Pulau Bertuah, perlu adanya integrasi ulang terutama terkait garis pantai, perbaikan gambaran spasial dan pertimbanagan terkait dengan peraturan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL) yang telah ada.

INFO REDAKSI