Krui -

KEMENDAGRI KEMBALI GELAR RAKOR PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

Krui, Rabu 08 Febuari 2023.

Kadis Kominfotiksan Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah dengan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri, Jakarta Pusat. Diwaktu yang sama dengan ditempat yang berbeda, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Pesisir Barat mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi di Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat yang akibat oleh krisis keuangan yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

Hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual di ruang Media Center, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda), Ir.Jalalludin, MP; Unsur Forkopimda Pesisir Barat; Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan; dan perwakilan dari (Organisasi Perangkat Daerah) OPD terkait.

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Kepala Daerah yang telah hadir untuk mengikuti Rakor pada hari ini. Beliau menambahkan bahwa berkat kerja sama kita semua (Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah), per tanggal 1 Febuari 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) sudah merilis bahwa inflasi kita telah turun sebesar 0,23%, dengan rincian dari bulan Desember sebesar 5,51℅ turun ke angka 5,28℅ di bulan Februari.

"Ini penurunan yang sangat signifikan dan cukup bagus, serta ini menunjukan bahwa inflasi kita terkendali, bahkan makin terkendali. Hal ini berkat kerja sama kita semua, baik pusat maupun daerah", tambah Kemendagri

Sebagai informasi, daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) yang terendah inflasinya adalah Provinsi Kalimantan Timur 4,9%, Kota Tanjung Pinang 4,5℅ dan Kabupaten Mamuju 4,26℅. Sedangkan yang masih cukup tinggi adalah Provinsi Jawa Barat 6,04, Mota Mobagu 7,42℅ dan Kabupaten Sumenep 6,73℅.